Peran Guru PAI Dalam Menumbuhkan Kesehatan Mental Peserta Didik di SMP Muhammadiyah 2 Prambanan

Raikhan Daizona, Farid Setiawan, Sriyani Sriyani

Abstract


Guru Pendidikan Agama Islam menjadi salah satu faktor keberhasilan peserta didik dari segi pengetahuan dan pembentukan karakter. Seorang pendidik harus profesional dalam perkembangan peserta didiknya. Guru Pendidikan Agama Islam memiliki peranan penting terhadap proses tumbuhnya kesehatan mental peserta didik karena terbentuknya mental yang sehat dari setiap peserta didik harus dilandasi dengan aspek-aspek religius. Studi ini bertujuan untuk memahami secara terperinci tentang upaya-upaya guru Pendidikan Agama Islam di SMP 2 Muhammadiyah Prambanan dalam membangun kesehatan mental peserta didiknya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif yang mana metode kualitatif yang dipilih di dalam penelitian kali ini lebih cenderung mengarah kepada metode penelitian kualitatif deskriptif yang mana pada metode ini penulis akan memaparkan terkait dengan permasalahan yang dikaji secara lebih mendalam. Pada penelitian ini penulis menggunakan teknik observasi dan wawancara secara mendalam dalam pengumpulan data. Hasil penelitian dapat menunjukan bagaimana peran dan upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam membangun kesehatan mental.

Keywords


Kesehatan Mental, Karakteristik, Peserta Didik

Full Text:

PDF

References


Heri Gunawan. (2013). Kurikulum dan Pembelajaran Agama Islam Bandung: Alfabeta

http://repository.radenintan.ac.id/166

M. Jamaluddin Mahfud. (2001). Psikologi Anak dan Remaja Muslim. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.

Nur Uhbiyati. (2013). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan Agama Islam. Semarang: Pustaka Rizki Putra

Syaiful Bahri Djamarah. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Zakiah Darajat (1982). Kesehatan Mental. Jakarta: Bulan Bintang

Zuchri Abdussamad. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Makasar : CV. Syakir Media Press


Refbacks

  • There are currently no refbacks.