Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Siswa dengan Layanan Bimbingan Klasikal di SMA Muhammadiyah Kasihan

Rio Alfiansyah, Iis Suwartini, Supri Padmiyati

Abstract


Dalam era globalisasi yang cepat, pendidikan berperan penting dalam membentuk karakter dan kepribadian individu. Disiplin siswa menjadi landasan yang tak tergantikan dalam menciptakan lingkungan belajar yang produktif. SMA Muhammadiyah Kasihan telah mengambil langkah untuk meningkatkan kedisiplinan siswa melalui layanan bimbingan klasikal. Penelitian mengeksplorasi metode dan dampak dari layanan ini dalam meningkatkan kedisiplinan siswa. Metode kualitatif digunakan untuk mengumpulkan data melalui observasi serta wawancara dengan siswa dan guru bimbingan. Hasil menunjukkan bahwa pendekatan bimbingan klasikal efektif dalam mengintegrasikan nilai-nilai disiplin dan memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang pentingnya kedisiplinan dalam mencapai tujuan. Faktor pendukung, seperti komitmen guru bimbingan dan dukungan manajemen sekolah berperan penting dalam kesuksesan program. Dampak positif terlihat dalam perubahan perilaku siswa yang menjadi lebih teratur dan bertanggung jawab. Penelitian ini dapat menjadi acuan bagi institusi pendidikan lain dalam upaya meningkatkan kedisiplinan siswa secara holistik.

Keywords


Disiplin, Siswa, Bimbingan Klasikal, Pendidikan Karakter, Lingkungan Belajar, Holistik.

Full Text:

PDF

References


Esmiati, A. N., Prihartanti, N., & Partini, P. (2020). Efektivitas pelatihan kesadaran diri untuk meningkatkan kedisiplinan siswa. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 8(1), 85-95.

Mardes, S., Khadijah, K., & Arlizon, R. (2022). Upaya Guru Bimbingan Konseling Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Era New Normal. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(1), 569-575.

Kurniasih, F., & Wijaya, H. (2019). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di SDN Embung Tangar Kecamatan Praya Barat. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 4(5).

PURWANTORO-NIM, A. N. A. S. (2008). Upaya sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan siswa MTsN Ngemplak, Sleman, Yogyakarta (Doctoral dissertation, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta).

Widosari, L. (2014). Upaya meningkatkan kedisiplinan melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik behavior pada siswa. Jurnal ilmiah pendidikan bimbingan dan konseling, 2 (1), 56-62.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.