Metode Based Learning PAI di Kelas 7A SMP Muhammadiyah 1 Minggir

Riska Safarina Ulfa, Yusutria Yusutria, Suluri Suluri

Abstract


Sekolah adalah tempat yang memberikan kesempatan untuk belajar, baik itu ilmu agama, ilmu non-agama, ilmu pengetahuan umum, dan berbagai bidang lainnya. Meskipun mata pelajaran agama Islam juga diajarkan di sekolah negeri. Namun jumlahnya tidak sebanyak yang diajarkan di sekolah swasta Islam. Di sekolah swasta Islam, para siswa tidak hanya diharapkan memiliki pemahaman yang lebih mendalam terkait agama, tetapi juga diharapkan memiliki pemahaman yang baik dalam bidang sains dan teknologi. Namun, di tengah fakta bahwa minat dan antusiasme siswa terhadap mata pelajaran agama, khususnya Pendidikan Agama Islam (PAI), di tingkat SMP cenderung rendah dan kurang menarik, penulis merasa tertarik untuk menyelidiki serta memahami bagaimana metode game based learning dapat diimplementasikan dalam pembelajaran PAI. Tujuannya adalah agar pembelajaran PAI menjadi lebih menarik dan mudah dipahami oleh siswa, sambil tetap mempertahankan nilai-nilai agama dan pemahaman tentang sains dan teknologi.Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan efektivitas metode game-based learning dalam proses pembelajaran. Penelitian ini memiliki pendekatan kualitatif dan menggunakan studi kasus sebagai metodologi. Peneliti terlibat langsung dalam kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) tahap 1, di mana data diperoleh dari pengamatan langsung terhadap proses belajar mengajar di dalam kelas. Selain itu, wawancara juga digunakan sebagai alat pengumpulan data, yang dilakukan selama periode 9 hari.dengan memadukan observasi dan wawancara, penelitian ini bertujuan untuk memperoleh wawasan yang lebih mendalam tentang bagaimana metode game based learning dapat mempengaruhi proses pembelajaran PAI di SMP. Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang efektivitas metode tersebut dalam merangsang minat dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran PAI.

Keywords


Metode Game Based Learning dalam Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Agustiningsih, W. (2022). Implementasi Aplikasi Quiz Whizzer pada Mata Pelajaran PAI di SMP Ma’arif 02 Malang. artikel, 89.

Aidin. (2021). Pengaruh Bimbingan Klasikal Teknik Game Based Learning Terhadap Peningkatan Minat Belajar Siswa Via Online Di Smp Negeri 15 Kelas VIII C Banjarmasin. artikel, 47.

Aisyah, N., Safitri, S. l., Zahra, F., & Santoso, D. I. (2021). Pengembangan E-Modul dengan Model Problem Based Learning pada Mata Pelajaran PAI. artikel, 21.

Alawiyah, A., Sukron, J., & Firdaus, M. A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. artikel, 75.

Budianti, E., Aina, R. E., & Kamilda. (2022). Implementation Patterns Learning Quiziz Game Based Problem Based Learning As Intrapersonal Intelligence Formation Students Antasari State Islamic University. artikel, 63.

Herawati, A. A., Afriyati, V., Mishbahuddin, A., & Yaa Habibi, A. S. (2021). Layanan Penguasaan Konten Berbasis Digital Game Based Learning untuk Mengurangi Burnout Belajar. artikel, 65.

Hidayah, N. (2021). Implementasi Game-Based Learning dengan Aplikasi Quizizz Untuk Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan Materi Perilaku Jujur, Amanah Dan Istiqomah Pada Siswa Kelas VII-A SMP Negeri 1 Ngunut. artikel, 1.

Hidayah, N. (2021). Implementasi Game-Based Learning Dengan Aplikasi Quizizz Untuk Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan Materi Perilaku Jujur, Amanah dan Istiqomah Pada Siswa Kelas VII-A SMP Negeri 1 Ngunut. artikel, 1.

Hidayah, N., & Pramesti, S. l. (2023). Efektivitas Penerapan Metode Game-Based Learning Untuk Meningkatkan Minat Belajar Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas VI di Mis Sidorejo Tirto Pekalongan. artikel, 20.

Hidayati, T. N. (2022). Efektifitas Pengembangan Media Belajar Online Game Wordwall Mata Pelajaran PAI SMPN 3 Bengkulu Tengah Di Era New Normal. artikel, 70.

Ika, K., Susilawati, & Dadan, S. (2023). Pengaruh Media Kahoot Berbasis Game Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA di Kelas V SD Negeri 134 Rejang Lebong. artikel, 56.

Jannah, N. H. (2023). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Game-Based Learning (Baamboozle) dan Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Bidang Studi PAI. artikel, 57.

Jannah, N. H. (2023). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Game-Based Learning (Baamboozle) dan Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Bidang Studi PAI. artikel, 13.

Juniar, C. T. (2023). Penerapan Metode Smart Game Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Islam Majenang Cilacap. artikel, 120.

Maula, A. M. (2021). Penerapan Metode Game Based Learning dalam Kelas Virtual (Pembelajaran Jauh) Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa-siswi SDIT Sabilul Huda Pranggang Plosoklaten di Era Pandemi Covid-19. artikel, 76.

Maziyyah, S. A. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Permainan (Digital Game Based Learning) Jenis Aplikasi Kahoot Terhadap Hasil Pembelajaran PAI Kelas VII Pada Era New Normal di SMP Negeri 1 Turen. artikel, 13.

Muhtadhillah, N. F. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Game Based Learning Pada Pelajaran PAI Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI TKJ 1 SMKN 2 Ponorogo. artikel, 40.

Muhtadhillah, N. F. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Game Based Learning Pada Pelajaran PAI Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI TKJ 1 SMKN 2 Ponorogo. artikel, 40.

Muraini. (2022). Pemanfaatan Media Scramble Sebagai Game Based Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Tunarungu Kelas XI di Sekolah Khusus Yayasan Karya Dharma Wanita 02 Kota Tangerang. artikel, 15.

Safitri, N. A., & Junaid. (2019). Penerapan Model Game Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akidah Akhlak Di Madrasah Tsanawiyah. artikel, 52.

Samosir, A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Game Based Learning terhadap Keterampilan Berkolaborasi Siswa di Kelas IV SDN 015900 Tinggi Raja Tahun Ajaran 2022/2023. artikel, 35.

Wardia, Setyosari, P., & Ulfa, S. (2022). Efektivitas Penggunaan Game Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Hukum Bacaan Tanwin Siswa Kelas VII SMP. artikel, 15.

Winatha, K. R., & Setyawan, D. (2020). Pengaruh Game-Based Learning Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar. artikel, 198.

Winatha, K. R., & Setyawan, D. (2020). Pengaruh Game-Based Learning Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar. artikel, 198.

Yuliza, E., Jaya Bangun, P. B., Sitepu, R., Nurnawati, E., Puspita, F. M., Octarina, S., Dkk. (2023). Pendampingan Pemanfaatan Aplikasi Wordwall Sebagai Game Based Learning Pada Guru-Guru SD. artikel, 45.

Yustina, A. F., & Yahfizham. (2023). Game Based Learning Matematika dengan Metode Squid Game dan Among us. artikel, 14.

Zainuddin, M., Mardianto, & Matsum, H. (2023). Development of Game-Based Learning Media on Islamic Religious Education Materials. artikel, 10.

Zurhaida, Nurfitria, S., & Aeni, A. N. (2022). Pengembangan Words Scramble Game Tentang Politik Islam Sebagai Media Pembelajaran Siswa Kelas V SD. artikel, 67.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.