Implementasi Gerakan 3R (Reduce, Reuse, Recycle) Dalam Upaya Meningkatkan “Environmental Literacy” Peserta Didik SD Muhammadiyah Karangkajen

Nur Anisa, Ainun A’inayah, Nur Azkiah Nafissah, Sugeng Riyanto, Dewi Endarsti

Abstract


Penggunaan strategi dalam menjaga lingkungan sangat penting dilakukan karena dapat menggerakan sikap peduli akan lingkungan sekitar. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terkait dengan upaya SD Muhammadiyah Karangkajen dalam penerapan 3R (Reuse, Reduce, Recycle) guna meningkatkan environmental literacy bagi peserta didik. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian yaitu melalui observasi dan dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian diketahui bahwa upaya yang dilakukan dalam menumbuhkan environmental litercy yang ada pada peserta didik SD Muhammadiyah Karangkajen melalui gerakan 3R dilakukan dengan hal hal penunjang seperti pembiasan melalui budaya dan aturan sekolah, pengenalan program adiwiyata, dan pembelajaran di kelas berbasis dengan lingkungan hidup.

Keywords


Gerakan 3R, Environmental Literacy, Lingkungan

Full Text:

PDF

References


Arisona R. 2018. PENGELOLAAN SAMPAH 3R (REDUCE, REUSE, RECYCLE) PADA PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENUMBUHKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN. Jurnal Pendidikan Islam. 3(1) 43-49.

Azima, F. A., & Yumna. (2021). Pendidikan Lingkungan Hidup untuk Siswa Sekolah Dasar. JURNAL PENDIDIKAN LINGKUNGAN DAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN Journal of Environmental Education and Sustainable, Volume 22 - Nomor 02.

Chan, F., Kurniawan, A. R., Oktavia, A., Dewi, L. C., Sari, A., Khairadi, A. P., & Piolita, S. (2019). GERAKAN PEDULI LINGKUNGAN DI SEKOLAH DASAR. ADI WIDYA : Jurnal Pendidikan Dasar, 191.

Dewi P.F, K. A., & Budiamsyah, D. (2015). The Community-Based Value Education to Develop Environmental Awareness Characters for Elementary School Students. Proceedings of the 1st UPI International Conference on Sociology Education.

Furi, DIR, & Riyanto, S. (2019). IMPLEMENTASI BUDAYA LITERASI PADA KEMANDIRIAN PESERTA DIDIK DI SD MUHAMMADIYAH SERUT BANTUL. Jurnal Fundadikdas (Dasar Pendidikan Dasar) , 2 (3), 109-115.

Haryadi, D. (2021). Manajemen Program Adiwiyata Dalam Membentuk Karakter Peduli Lingkungan Siswa Di SMP Pangudiluhur Sedayu. Jurnal Inovasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(1), 25. https://doi.org/10.12928/jimp.v1i1.4145

Irwati, D., Kholik, D., Iklimaturriza, M., & Ramadhan, W. G. (2023). Edukasi Gerakan 3R (Reduce , Reuse , Recycle ) Kepada Siswa SDS Midori Cikarang Selatan. 1, 180–184.

Jannah, L. R., Nurhasanah, Y., Fahmi, M., Nurrohman, T., & Mujtahid, A. L. (2021). Pentingnya Kurikulum Dalam Proses Pembelajaran Di. 02(02), 1–6.

Kamil, PA, Putri, E., Geografi, SRPP, & Al-Washliyah, S. (2019). Optimalisasi Literasi Lingkungan Pada Sekolah Adiwiyata di Kota Banda Aceh Untuk Menanamkan Sikap Peduli Lingkungan.

Nurwidodo, N., Amin, M., Ibrohim, I., & Sueb, S. (2020). The role of eco-school program (Adiwiyata) towards environmental literacy of high school students. European Journal of Educational Research, 9(3), 1089–1103. https://doi.org/10.12973/EU-JER.9.3.1089

Prayoga, dkk. 2021, Penerapan 3R (Reuse, Reduce, Recyle) dalam Pengelolaan Sampah di Kelompok Karang Lansia Sejahtera TPS Alalak Utara. Jurnal Pendidikan Geografi Volume 8, Nomor 1, Halaman 29-36. Banjarmasin.

Rokhmani, T. A. (2016). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN SEKOLAH DI SD NEGERI GEDONGKIWO YOGYAKARTA. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Scholz, RW, & Binder, CR (2011). Literasi lingkungan dalam sains dan masyarakat: dari pengetahuan hingga keputusan.

Sukamdani, N. B., Sukwika, T., & Eddyono, F. (2022). Edukasi manajemen sampah untuk peningkatan kapasitas sdm pada pengurus kelompok disabilitas kota Bogor. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 826-833.

Susannti, N., Zarkasih, Z., & Amini, M. (2022). Implementasi Program Adiwiyata untuk Meningkatkan Environmental Literacy Peserta Didik pada Sekolah Dasar Negeri Pekanbaru. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 7(1), 12-16


Refbacks

  • There are currently no refbacks.