Peran Peer Counseling Untuk Menumbuhkan Sikap Empati Siswa

Dineda Primas Septdiningtyas, Cesaria Putri Melati, Dian Ari Widyastuti, Atun Priyati

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk memberikan penjelasan mengenai peran peer counseling dalam menumbuhkan sikap empati pada peserta didik. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan desain literature review yakni mengkaji dan menganalisis dari berbagai jurnal dan menjadi kesimpulan. Tahap kehidupan yang penting dalam siklus perkembangan peserta didik adalah peralihan dari masa kanak-kanak ke masa dewasa, yang bertujuan untuk perkembangan yang sehat sebagai orang dewasa. Aspek perkembangan remaja meliputi: “1) aspek fisik, 2) aspek intelektual (kognitif), 3) aspek emosional, 4) aspek sosial, 5) kepribadian dan 6) kesadaran beragama. Mengenai aspek perkembangan remaja dan perubahan kehidupan yang terjadi pada masa remaja, khususnya peralihan dari masa kanak-kanak ke masa dewasa, remaja mungkin belum siap terhadap perubahan yang bersifat jangka pendek, sehingga mungkin timbul beberapa permasalahan pada diri remaja.

Keywords


Counseling, Empati, Peserta Didik, Peer.

Full Text:

PDF

References


Akbar, R. R., Triyana, R., & Adelin, P. (2021). Pelatihan Peer Counselor Dan Pengenalan Media Promotif Untuk Peer Counselor. Jurnal Abdimas Adpi Sains Dan Teknologi, 2(3), 31–35. Https://Doi.Org/10.47841/Saintek.V2i3.28

Amala, A. K., & Kaltsum, H. U. (2021). Peran Guru Sebagai Pelaksana Layanan Bimbingan Dan Konseling Dalam Menanamkan Kedisiplinan Bagi Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5213–5220. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i6.1579

Anggraini, D., Haiga, Y., & Maribeth, A. L. (2022). Pelatihan Peer-Councelor Sebagai Pendengar Aktif Pada Gejala Stres, Cemas Dan Depresi. 2(2).

Astiti, S. P. (2019). Efektivitas Konseling Sebaya (Peer counseling) Dalam Menuntaskan Masalah Peserta didik. Ijip : Indonesian Journal Of Islamic Psychology, 1(2), 243–263. Https://Doi.Org/10.18326/Ijip.V1i2.243-263

Destiyana, E. (T.T.-A). Improving Students Empathy Through Storytelling In Sdn Caturtunggal 3.

Mardhiyah, A., Wijaya, A., & Roni, F. (2021). Literature Review: Hubungan Motivasi Dengan Kinerja Kader Posyandu. Jurnal Keperawatan, 19(1), 37–46. Https://Doi.Org/10.35874/Jkp.V19i1.842

Muwakhidah, M. (2021). Keefektifan Peer-Counseling (Konseling Teman Sebaya) Untuk Meningkatkan Resiliensi Remaja Di Pondok Pesantren Bahrul Ulum Jombang. Nusantara Of Research : Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara Pgri Kediri, 8(1), 52– 64. Https://Doi.Org/10.29407/Nor.V8i1.15663

Narti, Z., Hariko, R., & Karneli, Y. (T.T.). Penerapan Sikap Empati Konselor Dalam Proses Konseling.

Nokas, S. S. (2021). Peran Guru Kelas Sebagai Guru Bimbingan Konseling Dalam Pembentukan Karakter Peserta didik

Kelas Iv Di Sekolah Dasar Inpres Sikumana 3 Kota Kupang. 2(1), 9.

Omeri, N. (T.T.). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan. Rizkyanti, C. A., Murty, A. I., & Paramaharta, N.

R. (2020). Empati Afektif: Mediator Pengaruh Keterlibatan Orang Tua Terhadap Peran Defender Remaja Dalam Perundungan Di Sekolah. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 13(3), 250–261. Https://Doi.Org/10.24156/Jikk.2020.13.3.250

Sumartiningsih, M. S., & Prasetyo, Y. E. (2019). A Literature Review: Pengaruh Cognitive Therapy Terhadap Post Traumatic Stress Disorder Akibat Kekerasan Pada Anak. Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia, 5(2). Https://Doi.Org/10.17509/Jpki.V5i2.17429

Suryawati, N. M. R. (2016a). Konseling Teman Sebaya Untuk Meningkatkan Empati Peserta didik. Jurnal Penelitian Pendidikan, 16(2), 202–211. Https://Doi.Org/10.17509/Jpp.V16i2.4247

Suryawati, N. M. R. (2016b). Konseling Teman Sebaya Untuk Meningkatkan Empati Peserta didik. Jurnal Penelitian Pendidikan, 16(2), 202–211. Https://Doi.Org/10.17509/Jpp.V16i2.4247

Yuliasari, H. (2020). Pelatihan Konselor Sebaya Untuk Meningkatkan Self Awareness Terhadap Perilaku Beresiko Remaja. Jurnal Psikologi Insight, 4(1), 63–72. Https://Doi.Org/10.17509/Insight.V4i1.24638


Refbacks

  • There are currently no refbacks.