Urgensi Guru BK Dalam Mengatasi Bullying Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 15 Yogyakarta

Elmira Pavita Diah Gantari, Dwi Zainu' Afif, Wahyu Nanda Eka Saputra, Agus Ria Kumara, Nurbowo Budi Utomo

Abstract


Kasus bullying merupakan contoh kasus yang paling sering dan mudah untuk dijumpai, baik di lingkungan keluarga masyarakat maupun persekolahan. Dalam kamus besar bahasa indonesia, kata yang dipakai untuk menggambarkan bullying dikalangan remaja adalah penindasan, perpeloncoan, pemalakan, pengintimidasian, dan pengucilan. Studi ini menggunakan analisis bibliometric dengan sampel data sebanyak 20 dokumen pencarian melalui Google Schoolar dengan bantuan Publish or Perish (POP). Data kemudian disimpan dalam bentuk CSV dan diinput pada VosViewer dengan hasil 3 kata kunci dan 3 klaster sesuai dengan kata kunci pencarian social comparison, social comparison indonesia. Hasil penelitian menunjukan bahwa topik Social Comparison bervariasi antara kajian korelasional lesson, community dan republic. Intervensi Social Comparison menjadi kajian yang doinan dilakukan di indonesia dibaningkan dengan customer, relationship, dan instagram. Implikasi dari riset ini adalah menjadi dasar untuk melakukan penelitian terkait bimbingan konseling Social Comparison di Indonesia.

Keywords


Bullying, Guu BK, Urgensi

Full Text:

PDF

References


Author, A. A. (yyyy). Title of chapter in sentence-style capitalisation. In A. Editor, B. Editor, & C. Editor (Eds.), Title of book in italics and sentence-style capitalization (xx ed., Vol. xx, pp. xxx-xxx). Location: Publisher.

Damayanti, D. (2023). Peran Guru dalam Mengatasi Bullying pada Peserta Didik Kelas II di Madrasah Ibtidaiyah Al Azhar Ajung Jember (Doctoral dissertation, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember).

Hairani, P., Rahman, A., & Putra, M. M. (2023). Peran Guru Dalam Mencegah Bullying Pada Anak Usia Dini di Paud Islam Baiturrahim Kelurahan Sidorejo Curup Tengah (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri Curup).

Mayer, R. E. (2005). Cognitive theory of multimedia learning. In R. E. Mayer (Ed.), The Cambridge handbook of multimedia learning (pp. 31–48). New York, NY: Cambridge University Press.

Notes: The 2-letter state abbreviation is required if the item was published in the US. If the item was published outside the US, the country is not included.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.