Peran Guru BK dalam Meningkatkan Perencanaan Karir Siswa

Ruwaida Ishmah Salsabila, Hardi Prasetiawan, Denny Sulistyanta

Abstract


Perencanaan karir adalah komponen terpenting tahap individu sebelum memilih karir. Pemberian layanan bimbingan konseling di sekolah merupakan suatu wujud usaha mengakomodasi peserta didik pada pengembangan sosial, pribadi, belajar, karir. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui peran Guru BK untuk meningkatkan karir peserta didik serta faktor-faktor yang mempengaruhi perencanaan karir peserta didik SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta Tahun pelajaran 2023/2024. Peneliti membatasi ruang lingkup pada penelitiannya. Fokus penelitian ini ada dalam peran Guru BK dan perencanaan bimbingan dan konseling bidang karir. Peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif melalui teknik pengumpulan data observasi, dokumentasi serta wawancara. Hasil pada penelitian ini menunjukkan keberhasilan peran Guru BK mempunyai dampak yang besar dalam meningkatkan perencanaan karir siswa, peran Guru BK meningkatkan perencanaan karir siswa yaitu sebagai pemberi informasi, rencana layanan bimbingan konseling, konselor. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu bahwa Guru BK berperan dalam meningkatkan kemampuan perencanaan karir siswa

Keywords


Peran Guru BK, Perencanaan Karir Siswa, Bimbingan dan Konseling

Full Text:

PDF

References


Abubakar, Sitti Rahmaniar. (2011). Pelaksanaan Bimbingan Karir Bagi Siswa SMA Sebagai Persiapan Awal Memasuki Dunia Kerja. SELAMI IPS : Edisi 1(34), ISSN 1410-2323.

Angelina, Putri Ria. (2018). Optimalisasi Bimbingan dan Konseling Karir Di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding SNTP, ISSN 2654-3192.

Hartono. (2020). Kedudukan Dan Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah.

Makalah Seminar & Workshop Nasional, Eksistensi Peran Bimbingan dan Konseling Berbasis HOTS Di Era New Normal.

Helmi Fadilah. Muhazir & Rabukit Damanik. (2022). Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Perencanaan Karir Siswa Kelas XI SMK Tunas Pelita Binjai. Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan : 8(1), 116–120.

Hidayati, Richma. (2015). Layanan Informasi Karir Membantu Peserta Didik Dalam Meningkatkan Pemahaman Karir. Jurnal Konseling GUSJIGANG : 1(1), ISSN 2460-1187.

Nursalim, Mochamad. (2020). Peran Guru BK / Konselor Dalam Mensukseskan Program Merdeka Belajar. Prosiding Seminar & Lokakarya Nasional Bimbingan dan Konseling PD ABKIN JATIM & UNIPA SBY, 11–18.

Utami, Destiani P., dkk. (2021). Iklim Organisasi Kelurahan Dalam Perspektif Ekologi. Jurnal Inovasi Penelitian : 1(12).

Wahyuni, Susi Arum. (2015). Peran Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Mengembangkan Minat Dan Bakat Program Pilihan Studi Keterampilan

Peserta Didik MAN 1 Magelang. Jurnal Hisbah : 12(2), 21–34.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.