Keterkaitan antara Relevansi Industri dan Visi Pendidikan: Kajian Kurikulum SMK Muhammadiyah 1 Playen

Hendrian Bayu Prasetya, Adhy Kurnia Triatmaja, Syaifudin Zuhri

Abstract


Artikel ilmiah ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara signifikansi industri dan visi pendidikan dengan menelaah kurikulum SMK Muhammadiyah 1 Playen. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kurikulum sekolah menangkap dan mencerminkan tuntutan dunia industri dalam mendukung terwujudnya visi pendidikan yang telah ditetapkan. Melalui metode observasi dan analisis dokumentasi, penelitian ini menentukan bagaimana kurikulum di SMK Muhammadiyah 1 Playen dikembangkan dan diimplementasikan untuk mencerminkan kebutuhan industri dan sejauh mana kurikulum ini berkaitan dengan visi pendidikan saat ini.

Keywords


Pendidikan, Visi Pendidikan, Pendidikan Industri, SMK Muhammadiyah 1 Playen.

Full Text:

PDF

References


Ahyanuardi, A., Rahmadhani, S., Suryati, L., & Zuryana, Z. (2022). Realization of vocational high school curriculum based on work culture. Jurnal Pendidikan Vokasi, 12(1). https://doi.org/10.21831/jpv.v12i1.44243.

Cucu Sutianah. (2021). Peningkatan Kompetensi Kerja Berbasis Integrasi Soft Skills, Hard Skills Dan Entrepreneur Skills Program Keahlian Kuliner Melalui Penerapan Teaching Factory Smk. INTELEKTIVA : JURNAL EKONOMI, SOSIAL DAN HUMANIORA, 2(8). Retrieved from.

Djoko Dwi Kusumojanto, A. W. (2021). Does Teaching Factory Matter for Vocational School Students? JPBM (Jurnal Pendidikan Dan Bisnis Manajemen), 6(3). Retrieved from

Dwi Yunanto (2016). IMPLEMENTASI TEACHING FACTORY DI SMKN 2 GEDANGSARI GUNUNGKIDUL.

Irinna Aulia Nafrin 1, Hudaidah 2 (2021). Perkembangan Pendidikan Indonesia di Masa Pandemi Covid-19.

Muhammad Nurtanto, Sulaeman Deni Ramdani 1, Soffan Nurhaji 2 (2017). Implementasi Teaching Factory Di Smkn 2 Gedangsari Gunungkidul.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.