Implementasi Gerakan Literasi Sekolah untuk Menumbuhkan Minat Membaca di SD Muhammadiyah Condongcatur

Agil Pramana Putra, Ika Maryani, Eko Apri Anggoro

Abstract


Dalam era digital yang semakin berkembang penguasaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) menjadi keterampilan yang penting bagi peserta didik di segala tingkatan pendidikan. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menganalisis dampak dari program ekstrakurikuler TIK dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan teknologi peserta didik pada tingkat dasar. Metode penelitian menggunakan data kualitatif terhadap peserta didik yang mengikuti program ekstrakurikuler TIK dan penanggung jawab ekstrakurikuler TIK. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program ekstrakurikuler TIK memiliki dampak positif terhadap peningkatan keterampilan teknologi peserta didik di Sekolah Dasar Muhammadiyah Bleber. Peserta didik yang mengikuti program ini mengalami peningkatan dalam pemahaman konsep dasar teknologi informasi, penggunaan perangkat lunak, dan memahami Ms Word, Ms excel dan PPT. Kesimpulannya, artikel ini menunjukkan bahwa program ekstrakurikuler TIK memiliki peran yang signifikan dalam meningkatkan keterampilan teknologi peserta didik di tingkat Sekolah Dasar. Implikasi dari penelitian ini dapat memberikan dorongan bagi institusi pendidikan untuk mempertimbangkan integrasi lebih lanjut dari program-program serupa dalam kurikulum formal guna mempersiapkan peserta didik dengan lebih baik dalam menghadapi tuntutan teknologi masa depan.

Keywords


Ekstrakurikuler, TIK, Peserta Didik, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Endaryanta, E. (2017). Implementasi Program Literasi Program Gerakan Literasi Sekolah di SD Kristen Salam Kudus dan SD Muhammadiyah Suronatan. Skripsi. Yogyakarta:UNY. Faizah, D. dkk. 2016. Panduan Gerakan. Literasi Sekolah di Sekolah Sekolah Dasar.Jakarta: Kemendikbud.

Pratomo,A.F. (2017). Penerapan Pendidikan Karakter Gemar Membaca melalui Gerakan Literasi Sekolah di SD Negeri Panambangan. Skripsi. Purwokerto:UMP. Angga, Abidin, Y., & Iskandar, S. (2022). Penerapan Pendidikan Karakter dengan Model Pembelajaran Berbasis Keterampilan Abad 21. Jurnal Basicedu, 6(1), 1046–1054. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2084

Sukmadinata, N.S. (2006). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Sukma, H. H. & Rendi, A. S. (2021). Strategi Kegiatan Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Varidika 33(1): 11-20. https://doi.org/10.23917/varidika.v33i1.13200.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.