Pembiasaan Shalat Dhuha dan Tahfidz Al-Quran untuk Membina Karakter Religius Peserta Didik di SD Muhammadiyah Mantaran

Bunga Aulianesia, Kirana Prama Dewi, Herlambang Rusyidi

Abstract


Pembiasaan shalat Dhuha dan Tahfidz al-quran merupakan program pembiasaan yang memberikan dampak positif bagi peserta didik dan menjadikan peserta didik memiliki karakter religius dan akhlak mulia. Sehingga program yang sudah lama berjalan ini hendaklah terus dijalankan dan dipertahankan. Dengan adanya Pembiasaan membuat peserta didik dapat melakukan hal penting dan berdampak baik pada kehidupanya tanpa perlu menguras energy dan juga waktu dan Dalam pembiasaan sholat Dhuha dan Tahfidz ini membuat menanamkan karakter religius di lingkungan sekolah.

Keywords


Shalat, Al-Qur’an, Peserta Didik, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Afdal, “Implementasi Metode Ummi dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur‟an Siswa kelas III B Ibnu Khaldun Sd Al-Firdaus Islamic School Samarinda”, Jurnal Pendas Mahakam, 1 (Juni, 2016), 2.

Aprianti, A. (2021). Penguatan karakter religius siswa melalui pembiasaan keagamaan di SD Islam Al-Fattah Payolebar (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Jannah, I. N., & Aminah, S. (2021). Implementasi Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di Sekolah Menengah Kejuruan Nahdlatuth Thalabah Wuluhan Jember. AL-ADABIYAH: Jurnal

Pendidikan Agama Islam, 2(2), 144-159.

Musrifah, M. (2016). Pendidikan karakter dalam perspektif Islam. Edukasia Islamika, 119-133.

Siregar, F. A. (2020). Lembaga pendidikan Islam dalam pendidikan karakter. Ziryab: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 58-74.

Syahri, A. (2021). Pendidikan Karakter Berbasis Sistem Islamic Boarding School (Analisis Perspektif Multidisipliner). CV Literasi Nusantara Abadi.

Wiyani, N. A. (2012). Desain Manajemen Pendidikan Karakter di Madrasah. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 17(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.