Strategi Pembentukan Nilai-Nilai Islam untuk Meningkatkan Karakter Siswa SD Muhammadiyah Ngupasan 1

Defi Rahmadani Pakabu, Ramadhani Uswatun Khasanah, Hafida Ulya Azima

Abstract


Adapun tujuan dari observasi ini yaitu untuk dapat membentuk nilai-nilai islam untuk meningkatkan karakter siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Subjek dalam penelitian adalah guru yang mengajar di kelas Untuk mengumpulkan data penelitian ini wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan faktor profesionalisme guru cukup profesional. Faktor pengalaman kontak dengan siswa masuk kedalam kelas untuk belajar Bersama guru. khusus menunjukkan cukup memiliki pengalaman. Faktor siswa menunjukkan bahwa cukup memiliki pemahaman tentang kondisi siswa.

Keywords


Nilai Islam, Peserta Didik, Karakteristik, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Asmuni. 2020. “Problematika Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Dan Solusi Pemecahannya”.

Creswell, J. W. 2013. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitaif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Daryanto., dan Darmiatun, S. 2013. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.

Dewi, W. A. F. 2020. “Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar”.

Jurnal Ilmu Pendidikan, Volume 2 Nomor 1. Hal 55-61. Gunawan, Heri. 2012. Pendidikan Karakter Konsep Dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Jurnal Kebijakan Pendidikan. Volume 3 No.5. Hal 314-323.

Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, Volume 7 No.4. Hal 281-288. Aulia, L, R. 2016. “Implementasi Nilai Religius Dalam Pendidikan Karakter Bagi Peserta Didik Di Sekolah Dasar Juara Yogyakarta”.

Kesuma, D., Triatna, C., dan Permana, J. 2012. Pendidikan Karakter: Kajian Teori Dan Praktik di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Kurniawan, S. 2014. Pendidikan Karakter: Konsep & Implementasi Secara Terpadu Di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi & Masyarakat. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.