Analisis Implementasi Kurikulum Mandiri Belajar di Sekolah Dasar Negeri Ngampon Ngawen Yogyakarta

Faudina Lathifah Hafzah, Mukti Sintawati, Heri Kuswanta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi Kurikulum Mandiri Belajar di SDN Ngampon Ngawen Yogyakarta. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif melalui observasi dan wawancara dengan guru di sekolah tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum Mandiri Belajar di SDN Ngampon membawa dampak positif dalam pengembangan pendidikan. Strategi pembelajaran berbasis mandiri memberikan peluang bagi siswa untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran, meningkatkan interaksi sosial, dan mendukung pengembangan karakter. Diversifikasi bahan ajar menciptakan pembelajaran yang relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa. Interaksi kolaboratif antara guru dan siswa memberikan pengalaman pembelajaran yang lebih partisipatif. Meskipun demikian, penelitian ini juga mengidentifikasi tantangan dalam penerapan Kurikulum Mandiri Belajar, termasuk adaptasi paradigma pembelajaran yang baru bagi guru-guru yang terbiasa dengan metode konvensional, serta perbedaan pemahaman dan interpretasi mengenai kurikulum tersebut. Kesimpulannya, implementasi Kurikulum Mandiri Belajar memberikan dampak positif namun juga memerlukan penanganan tantangan yang cermat.

Keywords


Kurikulum, Mandiri Belajar, Strategi, Pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Bhetuwal, K (2022). Critical Review of the Learning Theories of John Dewey and Jean Piaget. GSJ, 10(10).

Heryahya, A., Herawati, E. Susandi, A. & Zulaiha, F. (2022). Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 5(2), 548-562.

Majid, S., & Hasan, A. (2022). Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan dalam Rangka Merdeka Belajar di SMA Negeri 1 Kecamatan Situjuh Limo Nagari Kabupaten Limapuluh Kota. Jurnal Edukasi, 2(1).

Rini, A. Firmansyah, N. Widiastuti, N., Christyowati, Y. & Fatirul, A. (2023). Pendekatan Terintegrasi dalam Pengembangan Kurikulum Abad 21. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 2(2), 171-182.

Rosmana, P. S., Iskandar, S., Rosyada, A. A., Febriyano, A., Gustini, P., & Rahmawati, Y. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Menurut Persepsi Tenaga Pendidik dan Peserta Didik. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 3049-3063.

Sarifah, F., & Nurita, T. (2023). Implementasi model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kolaborasi siswa. PENSA: E-Jurnal Pendidikan Sains, 11(1), 22-31.

Sugiyono (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhandi, A. & Robi'ah, F. (2022). Guru dan tantangan kurikulum baru: Analisis peran guru dalam kebijakan kurikulum baru. Jurnal Basicedu, 6(4), 5936-5945.

Wijaya, S., Sumantri, M. S., & Nurhasanah, N. (2022). Implementasi Merdeka Belajar Melalui Strategi Pembelajaran Terdiferensiasi Di Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 1495-1506.

Wijayanti, E. (2019). Kajian tipologi peletakan dan desain signage sebagai kebutuhan kota pelajar dan wisata (Studi kasus: Kecamatan Gondokusuman dan Jetis Kota Yogyakarta). In Smart: Seminar On Architecture Research and Technology (Vol. 4, No. 1, pp. 215-225

Wulansari, R. Sakti, R. Ambiyar, A., Giatman, M., Syah, N., & Wakhinuddin, W. (2022). Expert system for career early determination based on Howard Gardner's multiple intelligence. Journal of Applied Engineering and Technological Science (JAETS), 3(2), 67-76


Refbacks

  • There are currently no refbacks.