Program Pengembangan Literasi dan Numerasi di SDN Reksosari 03

Hanifa Zalfa Salsabila, Mukti Sintawati, Cahya Ayu Astuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan literasi numerasi di SDN Reksosari 03 terhadap kecerdasan intelektual peserta didik di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik wawancara dan observasi langsung di lapangan. Literasi numerasi berpengaruh terhadap kecerdasan intelektual peserta didik. Tingkat kemampuan literasi numerasi siswa mempengaruhi tingkat proses belajar siswa dan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL). Literasi numerasi mempengaruhi peserta didik untuk memiliki kemampuan berfikir yang lebih maju, , inovatif, kritis, kreatif, dan komunikatif. Pembiasaan literasi numerasi yang diterapkan mampu meningkatkan kecakapan siswa dalam bidang matematika khususnya dalam menganalisis informasi di berbagai bentuk, serta penyelesaian masalah dalam kehidupan sehari-hari.

Keywords


Literasi; Numerasi; Kecerdasan; Intelektual; Peserta didik

Full Text:

PDF

References


Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah .(2016). Menumbuhkan Budaya Literasi di Sekolah. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Dyah Worowirastri Ekowati, Yuni Puji Astuti, Ima Wahyu Putri Utami, Innany Mukhlishina, Beti Istanti Suwandayani. (2019). Literasi numerasi di SD Muhammadiyah, 3(1)

Faizah, Utama Dewi, Susanti Sufyadi, Lanny Anggraini, Waluyo, Sofie Dewayani, Wien Muldian dan Dwi Renya Roosaria. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemdikbud. (2023) Literasi dan Numerasi. Artikel Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.