Melalui Budaya Menabung di Kelas sebagai Upaya Pembentukan Karakter Disiplin pada Peserta Didik di SD Muhammadiyah Ngadiwinatan Yogyakarta

Luthfia Dewi Setia Ningrum, Nurul Hidayati Rofiah, Adi Prasetia

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode survei deskripsi. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui Budaya menabung di sekolah dan Seberapa besar pengaruh kebiasaan menabung terhadap karakter disiplin pada anak. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas dua SD Muhammadiyah Ngadiwinatan Yogyakarta yang berjumlah 14 siswa. Teknik dan metode pengumpulan data informasi dengan cara wawancara tidak terstruktur dan dokumentasi. Dengan adanya program menabung di sekolah dapat meningkatkan kesadaran peserta didik untuk selalu menabung. Dengan adanya pembiasan tersebut siswa dapat disiplin dalam menyisihkan uang jajannya untuk ditabung. Tidak hanya itu dari terbentuknya program tersebut dapat meringankan peserta didik bahkan orang tua dalam membeli peralatan sekolah yang dimana uang dari hasil tabungan siswa tersebut juga dikembalikan untuk keperluan siswa di sekolah.

Keywords


Literasi; Numerasi; Kecerdasan; Intelektual; Peserta didik

Full Text:

PDF

References


GM Muharrom, GN Mukaromah, Ha Dian, NS Ulfiah, EFF Khomaeny. (2019). Menanamkan sikap bersahaja pada anak usia dini dengan pembiasaan menabung. Jurnal pendidikan : 102

Idr. Bab II Landasan Teori. Jurnal UIN Antasari, no 01 (2017) : 42

MA Yusuf. Bab II Kajian Teori. Etheses IAIN Kediri, no 01 (2018) : 22

MF Asshidiq. (2023). Implementasi budaya sekolah dalam pembentukan karakter disiplin siswa kelas 4 MI Al Ma’Arif Patimuan Kecamatan Patimuan. repository uinsaizu : 114

RF Fauziah. (2023). Pembentukan nilai karakter kejujuran melalui aktivitas menabung pada anak usia dini di Raudhatul Athfal Nurul Islam Kecamatan Seberida. JECIE : 8 Teguh Ajiw. Bab II Landasan Teori. Jurnal PIP Semarang, no 01 (2018) : 18


Refbacks

  • There are currently no refbacks.