Modernisasi Fasilitas Belajar dalam Membentuk Lingkungan yang Nyaman di SD Muhammadiyah Condongcatur

Meilani Andhika Kusumaningtyas, Ika Maryani, Eko Apri Anggoro

Abstract


Modernisasi adalah suatu proses transformasi dari suatu arah perubahan ke arah yang lebih maju atau meningkat dalam berbagai aspek dalam kehidupan Masyarakat. Salah satunya modernisasi pada fasilitas pendidikan atau fasilitas belajar di kelas. Melihat perkembangan IPTEK pada saat ini, modernisasi fasilitas belajar di sekolah sangatlah diperlukan. Menurut Dimyati dan Mudjiono (2009), Fasilitas belajar merupakan sarana dan prasarana pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi selama 8 hari efektif dengan mengambil sampel fasilitas pendukung pembelajaran di kelas II A SD Muhammadiyah Condongcatur. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Modernisasi Fasilitas Belajar Dalam Membentuk Lingkungan yang Nyaman di SD Muhammadiyah Condongcatur. Lingkungan belajar yang nyaman adalah komponen utama untuk mencapai keberhasilan pembelajaran, salah satunya yaitu melalui pemenuhan fasilitas pembelajaran. Pada kelas yang diteliti, fasilitas pendukung pembelajaran yang sudah terpenuhi atau memadai mampu memberikan dampak yang luar biasa. Pembelajaran di kelas sudah sangat memiliki kaitan yang erat dengan fasilitas-fasilitas yang tersedia. Fasilitas tersebut sudah mampu memberikan kemudahan dalam penyampaian materi serta menciptakan lingkungan belajar yang nyaman di kelas. Untuk memaksimalkan peran fasilitas belajar yang sudah dapat membentuk lingkungan yang nyaman, pihak SD Muhammadiyah Condongcatur selalu melakukan monitoring secara berkala.

Keywords


Modernisasi, Fasilitas Belajar, Lingkungan Belajar

Full Text:

PDF

References


BP, A. R., Munandar, S. A., & Fitriani, A. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Volume 2, No. 1;, 2.

Hariyadi, A. B., & Hariyati, N. (2020). Pentingnya Fasilitas Belajar Berbasis Teknologi Informasi terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan Volume 08 Nomor 04, 558-560.

Harung, M. R., & Astuti, N. W. (2021). Pengaruh Fasilitas Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Ekonomi Kelas XI IPS SMA Kristen Harapan Denpasar Tahun Ajaran 2019/2020. Arthaniti Studies Vol.1 No.2 , 2-4.

Priantama, R. (2015). Efektivitas Wifi dalam Menunjang Proses Pendidikan Bagi Lembaga Perguruan Tinggi (Studi Kasus Terhadap Mahasiswa Pengguna Di Lingkungan Universitas Kuningan). Jurnal Cloud Information, Volume 1 Nomor 1, 22-24.

Rosana, E. (2011). Modernisasi dan Perubahan Sosial. Jurnal TAPIs Vol.7 No.12, 32-33.

Setiani, A., S, Y. R., & Maryani, L. (2022). Pengaruh Fasilitas Belajar dan Peran Guru Terhadap Hasil Belajar Online Siswa. Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi Volume VI Nomor 1, 95-97.

W.Creswell, J. (2016). RESEARCH DESIGN : Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif,

dan Campuran. Yogyakarta: PUSTAKA BELAJAR.

Wulandari, E. T., & Muhiddin. (n.d.). Pentingnya Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Biologi VI

Harmonisasi Pembelajaran Biologi pada Era Revolusi 4.0, hal. 258-261.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.