Efektivitas Platform Belajar dan Fitur Barcode untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Prahasakti Dinda Irfani, Suyitno Suyitno, Oktafia Hapsari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran platform belajar dan fitur barcode dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Melalui pendekatan kualitatif dengan observasi kelas, wawancara dan analisis, penelitian ini mengungkap bagaimana penggunaan media pembelajaran inovatif yang dapat merangsang dan memfasilitasi perkembangan kemampuan berpikir kritis siswa. Sampel penelitian adalah siswa kelas IV di SD Muhammadiyah Kayen yang berpartisipasi dalam program kurikulum merdeka belajar. Media pembelajaran berbasis teknologi dikembangkan dan diimplementasikan dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran platform belajar dan fitur barcode secara signifikan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pemahaman tentang peran media pembelajaran dalam pendidikan di era kurikulum merdeka belajar, serta pentingnya penerapan metode inovatif untuk meningkatkan hasil pembelajaran di tingkat dasar.

Keywords


Media pembelajaran, berpikir kritis, inovatif, kurikulum merdeka.

Full Text:

PDF

References


Anam, K., Tinggi, S., Islam, A., Teungku, N., Meulaboh, D., & Rohana, S. (2021).

Efektifitas Penggunaan Media Digital dalam Proses Belajar Mengajar (Vol. 2).

Citra, C. A., & Rosy, B. (2020). Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Teknologi Perkantoran Siswa Kelas X SMK Ketintang Surabaya. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap

Dwika Hidayati, I. (2021). Efektivitas Media Pembelajaran Aplikasi Quizizz Secara Daring Terhadap Perkembangan Kognitif Siswa. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 4(2), 251–257. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JP2/index

Hanafi, I., & Sumitro, E. A. (2020). PERKEMBANGAN KOGNITIF MENURUT JEAN PIAGET DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2). https://doi.org/10.24929/alpen.v3i2.30

Iqbal Fawwaz, M., Fikri Akbar, M., & Churiyah, M. (2022). Portal Riset dan Inovasi Pengabdian Masyarakat (Prima) Volume 1 Issue 4 (2022) Peningkatan Kompetensi Guru SD melalui Pengembangan Media Belajar Interaktif. PORTAL RISET DAN INOVASI PENGABDIAN MASYARAKAT|PRIMA, 1(4). https://ojs.transpublika.com/index.php/PRIMA/

Khaulani, F., S, N., & Murni, I. (2019). FASE DAN TUGAS PERKEMBANGAN ANAK SEKOLAH DASAR. “Pendidikan Dasar.”

Nurhidayati, Asrori, I., Ahsanuddin, M., & Dariyadi, M. W. (2019). pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint Dan Pemanfaatan Aplikasi Android Untuk Guru Bahasa Arab. Jurnal Karinov, 2(3).

Rosidah, Nizaar, M., Muhardini, S., & Mariyati, Y. (2022). Seminar Nasional Paedagoria Efektifitas Media Pembelajaran Game interaktif Berbasis Power Point Untuk Meningkatkan Motivasi.

Sumianto, T., Susilo, S. V., & Febriani, B. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v6i1.2100

Yatini, S., & Pd. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi, Informasi dan Komunikasi terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa di Era Digital.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.