Pembentukan Karakter Siswa melalui Kegiatan Sholat Dhuha di SD Muhammadiyah Sidoarum

Qorrik Nur Hidayah, Fendy Yogha Pratama, Agus Rianda Seto Kumalasari

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana pembiasaan kegiatan shalat dhuha berjamaah yang dilakukan oleh SD Muhammadiyah Sidoarum sebagai pembentukan karakter siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah Sidoarum. Metode yang digunakan penulis yaitu metode kualitatif . Subjek yang diteliti yaitu seluruh siswa dari kelas 1-6. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu observasi lapangan, pengamatan langsung serta dokumentasi. Dari hasil penelitian ini menemukan bahwa dalam pembiasaan shalat dhuha berjamaah yang diselenggarakan oleh SD  Muhammadiyah Sidoarum sebagai upaya pembentukan karakter pada setiap siswanya. Dalam pelaksanaan pembiasaan shalat dhuha berjamaah ini SD Muhammadiyah Sidoarum menggunakan sistem kloter, yaitu kloter pertama untuk kelas 1-3, dan kloter kedua untuk kelas 4-6 dengan didampingi oleh wali kelasnya masing-masing. Dengan adanya pembiasaan shalat dhuha berjamaah diharapkan akan menghasilkan suatu karakter religius, tepat waktu, disiplin, tanggungjawab,  serta jujur. Maka dari itu, SD Muhammadiyah Sidoarum menyelenggarakan pembiasaan shalat dhuha secara berjamaah.



Keywords


Pendidikan karakter, shalat, shalat dhuha

Full Text:

PDF

References


Dahlan Zaini.Andayani Atika.(2015).Kontruksi Karakter Siswa Via Pembiasaan Sholat Dhuha.Jurnal Madrasah Ibtidaiyah.7(2).99-112.

Fahyuni,F.E.Mistiningsih,C.(2020).Manajemen Islamic Culture Melalui Pembiasaan Shalat Dhuha Berjamaah Dalam Meningkatkan Karakter Kedisiplinan Siswa.Jurnal Manajemen Dan Ilmu Pendidikan.2(2).157-171.

Yudabangsa Adrian.(2020).Pengembangan Kesadaran Keberagaman Dan Pembentukan Karakter Siswa Melalui Pembiasaan Sholat Dhuha.Jurnal Pendidikan Inovatif.2(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.