Keunggulan SD Muhammadiyah Ngupasan 1 dalam Menciptakan Siswa Berkarakter dan Beragama Islam

Rizka Amalia, Ramadhani Uswatun Khasanah, Sigit Tri Purwanto

Abstract


Pendidikan karakter merupakan hal penting yang harus ditanamkan sejak anak kecil tidak hanya peningkatan pada ranah kognitif atau pengetahuan saja, keagamaan juga merupakan karakter harus ditanamkan karena menjadi dasar dalam kehidupan beragama maupun kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan keunggulan SD Muhammadiyah Ngupasan 1 dalam menciptakan siswa  berkarakter dan beragama islam. Artikel ini menggunakan metode kualitatif – deskriptif dengan metode observasi dan wawancara menjelaskan pentingnya Pendidikan agama islam dengan penanaman nilai – nilai islam dalam kegiatan pembelajaran maupun diluar kegiatan pembelajaran dalam membentuk peserta didik  agar mempunyai karakter yang beriman kepada Allah SWT dengan pembiasaan berdoa sebelum kegiatan pembelajaran dimulai, kegiatan tahfidz, pembiasan sholat, dhuha maupun sholat wajib. Penerapan kegiatan 5S, infaq, menjaga lingkungan sekolah, market day, pembinaan prestasi, bansos, kegiatan PDHI untuk memperingati hari hari besar, pameran P5 dan gelar karya. Kegiatan tersebut dilaksanakan agar tercipta karakter Beriman, Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa serta berakhlak mulia, Bergotong royong, Berkebhinekaan global, Bernalar kritis, Kreatif dan mandiri.

Keywords


Keunggulan SD, Berkarakter, Beragama Islam

Full Text:

PDF

References


Aladdin, H. M. (2019). Peran Materi Pendidikan Agama Islam di Sekolah dalam Membentuk Karakter Kebangsaan. . Jurnal Penelitian Medan Agama,, 10(2).

Diarti, D., & Saputro, H. D. (2022). Analisis Kesulitan Membaca Pada Peserta Didik Kelas I SDN Inpres Kawae. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pelaksanaan Program Pengenalan Lapangan Persekolahan, (Vol. 2, No. 1, pp. 844-848).

Hendriana, E. C., & Jacobus, A. ((2017)). Implementasi pendidikan karakter di sekolah melalui keteladanan dan pembiasaan. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 1(2), 25-29.

Nurbaiti, R., Alwy, S., & Taulabi, I. (2020). Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Pembiasaan Aktivitas Keagamaan. AL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 2(1), 55-66.

Omeri, N. (2015). Pentingnya pendidikan karakter dalam dunia pendidikan. Manajer Pendidikan. Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 9(3).

Ulandari, S., & Rapita, D. D. ((2023)). Implementasi proyek penguatan profil pelajar pancasila sebagai upaya menguatkan karakter peserta didik. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(2), 116-132.

Yuliani, W. (2018). Metode penelitian deskriptif kualitatif dalam perspektif bimbingan dan konseling. Quanta, 2(2), 83-91.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.