Pengaruh Kesadaran Diri (Self-awareness) Terhadap Kedisiplinan Siswa SMK Negeri 3 Yogyakarta

Nurul Hanifah Puteri, Agung Dwi Febriansyah, Pebri Indah Natasya, Dody Hartanto, Brangtyamari Brangtyamari

Abstract


Penelitian kali ini memiliki tujuan agar mengetahui pengaruh kesadaran diri (self-awareness) terhadap kedisiplinan siswa SMK Negeri 3 Yogyakarta. Dalam artikel ini menggunakan penelitian kuantitatif metode korelasi yang menggunakan subjek penelitian yakni siswa dari SMK Negeri 3 Yogyakarta sebanyak 80 siswa dengan mengisi skala yang sudah disebarkan. Dari skala tersebut, data yang terkumpul kemudian di analisis secara kuantitatif dengan menggunakan bantuan SPSS memperoleh hasil yakni ditemui ada pengaruh kesadaran diri (self-awareness) terhadap kedisiplinan dilihat dari signifikansi yang sebesar 0,001 < 0,05 dan diketahui pula pengaruh antara variabel X dan variabel Y yang diketahui dari nilai R square sebesar 0,137 memiliki makna bahwa ada pengaruh kesadaran diri (self-awareness) terhadap kedisiplinan sebsear 13,7%. Dapat disimpulkan dari artikel ini menunjukan adanya pengaruh kesadaran diri (self-awareness) terhadap kedisiplinan siswa SMK Negeri 3 Yogyakarta.

Keywords


Kedisplinan, Self Awareness, Kedisplinan

Full Text:

PDF

References


Adiningtiyas, S. W. (2017). Program Bimbingan Pribadi Untuk Meningkatkan Perilaku Disiplin Siswa. KOPASTA: Journal of the Counseling Guidance Study Program, 4(2). Afifah, F.,

Handayani, A., & Setiawan, A. (2022). Pegaruh Self Awareness Terhadap Kedisiplinnan Siswa Kelas XII IPS Ketika Pembelajaran Jarak Jauh di SMA N 3 Pemalang. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 1386–1394.

Ajhuri, K. F. (2019). Psikologi Perkembangan: Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Yogyakarta: Penebar Media Pustaka, 135–136.

Berk, L. E. (2022). Development through the lifespan. Sage Publications.

Djamara, S. B. (1994). Prestasi belajar dan kompetensi guru. Surabaya: usaha nasional.

Govanny, J. L., Patricia, R., & Hartini, S. (2021). Kedisiplinan ditinjau dari self-awareness pada siswa kelas xi di smk telkom 2 Medan. Journal of Research in Business, Economics, and Education, 3(1), 1530–1539.

Helisa, A. N. (2021). Hubungan antara Self-awareness dengan Perilaku Disiplin Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah 3 Banjarmasin. https://idr.uin-antasari.ac.id/16312/ Hurlock, E. B. (1998). Psikologi Perkembangan: Pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Ma’wa, D. W. A. (2023). Pengaruh Self Awareness Terhadap Kedisiplinan Peserta Didik Melalui Peer Group Influencee Sebagai Mediator Di MTs An Nidhomiyah Badas Kediri [PhD Thesis, IAIN Kediri].

http://etheses.iainkediri.ac.id/id/eprint/8834

Rini, E. S. (2015). Pengaruh perhatian orang tua dan kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 9(2). Widiatmoko, M., &

Ardini, F. M. (2018). Pendekatan konseling analisis transaksional untuk mengembangkan kesadaran diri remaja. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran, 4(2), 99–108.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.