Layanan Konseling Kelompok Menggunakan Teknik Relaksasi Untuk Mengurangi Kecemasan Berbicara di Depan Kelas Pada Siswa Kelas VII A SMP Muhammadiyah 2 Godean

Sekar Asri Putri Nirwanawati, Agungbudiprabowo Agungbudiprabowo, Indra Setya Nugroho

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui e layanan konseling kelompok teknik relaksasi dalam mengurangi kecemasan terkait berbicara di depan kelas pada siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 2 Godean. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan hasil AKPD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan konseling kelompok teknik relaksasi sangat efektif dalam mengurangi kecemasan siswa ketika berbicara di depan kelas. Melalui teknik relaksasi ini diharapkan peserta didik mampu mengurangi rasa kecemasan dalam berbicara didepan kelas dengan cara membayangkan hal apa yang membuat peserta didik merasa tenang dan tidak mengalami kecemasan bisa seperti membayangkan sedang berada diruang yang kosong atau juga dengan bisa melihat satu titik yang berada ditembok kelas dan dengan hal tersebut peserta didik secara tidak langsung tidak menatap teman-teman yang lain. Dalam hal ini teknik relaksasi juga membantu guru dalam menyesuaikan metode ataupun strategi untuk dapat mengurangi kecemasan ketika siswa sedang berbicara didepan kelas. Kesimpulan dari penelitian adalah bahwa layanan konseling kelompok dengan teknik relaksasi sangat efektif untuk mengurangi kecemasan kepas siswa yang berbicara didepan umum.

Keywords


Konseling Kelompok, Kecemasan Berbicara didepan Kelas, Teknik Relaksasi

Full Text:

PDF

References


Airunnisah, N., Ratnasari, D. and Mulyadi (2019) ‘Efektivitas layanan konseling kelompok untuk mengurangi kecemasan berbicara di depan umum pada siswa SMK Islam Wijaya Kusuma’,Jurnal Bimbingan dan …, 2(3), pp. 134–140. doi:10.26539/teraputik.23114.

Asiah and Batubara (2019) ‘Pengaruh Konseling Kelompok Teknik Cognitive Restructuring Terhadap Kecemasan Berbicara Siswa Kelas Viii-B Mtsn 1 Tapanuli Tengah’, JKG (Jurnal Guru Kita), 3(2), pp. 144–157.

Aulia, A.W., and Rosada, U.D, (2023) ‘Layanan bimbingan dan konseling menggunakan konseling kelompok dengan teknik relaksasi mengurangi cemas bicara di hadapan umum’, pp. 235–248.

Candrawati, R., Arlizon, R. and Saam, Z (2016) ‘Pengaruh Konseling Kelompok Terhadap Penurunan Kecemasan Komunikasi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Siakhulu T.P. 2014/2015’, Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Riau, pp. 1–15.

Febriania, A.R. and Barida, M. (2021) ‘Layanan Konseling Kelompok Teknik Relaksasi untuk Mereduksi Kecemasan Berbicara di Depan Umum’, Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan, 1, p. 1463.

Kurnia, Y., Sura, H. and Ismail (2022) ‘Keefektifan teknik konseling kelompok untuk mengurangi kecemasan siswa berbicara di depan kelas’, Journal of Education, Psychology and Counseling, 4(1), pp. 85–93. Available at: https://ummaspul.e-

journal.id/Edupsycouns/article/view/3913/1431.

Lilis, and Herdi. (2023) ‘Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Program Layanan Bimbingan dan Konseling untuk Mengatasi Kecemasan Berbicara Siswa Depan Kelas’, 5(3), pp. 1253–1260.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.