Implementasi Pendidikan Karakter di Era Society 5.0 Pada Siswa SD Muhammadiyah Purwodiningratan Yogyakarta

Ahmad Arip, Sekar Wijayanti, Arsi Fitri Rahmatillah, Hengkang Bara, Tri Puji Astuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pendidikan karakter di SD Muhammadiyah Purwodiningratan Yogyakarta dalam konteks Era Society 5.0. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di lokasi SD Muhammadiyah Purwodiningratan Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah para Guru Pamong di SD Muhammadiyah Purwodiningratan Yogyakarta. Penelitian ini berlangsung selama 4 minggu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendidikan karakter dalam Era Society 5.0 di SD Muhammadiyah Purwodiningratan telah dilaksanakan dengan efektif dan mampu membentuk karakter peserta didik.

Keywords


Pendidikan Karakter, Era Society 5.0, Nilai Keagamaan

Full Text:

PDF

References


Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. In Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Vol. 6, Issue August).

Handayani, N. M. A. P., Putri, P. W., & Ni Made Rai Juniantari Prof.Dr.Ir. I Ketut Arnawa, M. (2022). PENTINGNYA PENDIDIKAN KARAKTER DI ERA SOCIETY 5.0 BAGI GENERASI Z UNTUK MEMAJUKAN BANGSA. 42, 39–48.

Handayani, N. N. L., & Muliastrini, N. K. E. (2020). Pembelajaran Era Disruptif Menuju Era Society 5.0 (Telaah Perspektif Pendidikan Dasar). Prosodong Seminar Nasional IAHN-TP Palangka Raya, 0, 1–14. https://prosiding.iahntp.ac.id

Mubin, M. S. (2020). Pendidikan Karakter Menurut Ibnu Miskawaih Dan Implementasinya Terhadap Pembelajaran Masa Pandemi. Jurnal Reforma, 9(2), 114. https://doi.org/10.30736/rf.v9i2.319

Mukhlas, I. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Pada Siswa Sekolah Dasar Di Era Society 5.0. Prosiding Umsurabaya, Journal.Um-Surabaya.Ac.Id, 7(1), 61.

Rizky Asrul Ananda, Mufidatul Inas, & Agung Setyawan. (2022). Pentingnya Pendidikan Karakter pada anak Sekolah Dasar di Era Digital. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(1), 83–88. https://doi.org/10.55606/jpbb.v1i1.836

Sapdi, R. M. (2023). Peran Guru dalam Membangun Pendidikan Karakter di Era Society 5.0. Jurnal Basicedu, 7(1), 993–1001. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4730

Sarika, S., Haloho, B., & Napitu, U. (2023). Upaya Guru Mata Pelajaran Ips Terpadu Dalam Menanamkan Karakter. 8(2), 668–675.

Subandowo, M. (2022). Teknologi Pendidikan di Era Society 5.0. Sagacious Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Sosial, 9(1), 24–35.

Sukarno, M. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter dalam Era Masyarakat 5.0. Prosiding Seminar Nasional 2020, 1(3), 32–

https://ejurnal.mercubuana yogya.ac.id/index.php/ProsidingPsikologi/article/view/1353/771


Refbacks

  • There are currently no refbacks.