Mempertahankan Kearifan Lokal di Era Globalisasi dengan Menggunakan Pakaian Adat Jawa di SD Muhammadiyah Purwodiningratan

Arum Puspita Sari, Ramadhan Nur Setyawan, Abdul Syahrani, Hengkang Bara Saputro, Rizky Setyaningrum

Abstract


Penelitian dilakukan di SD Muhammadiyah Purwodiningratan Kota Yogyakarta yang bertujuan untuk mengetahui pentingnya mempertahankan kearifan lokal di era globalisasi dengan menggunakan pakaian adat jawa di SD Muhammadiyah Purwodiningratan. Penelitian ini mengadopsi metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif.Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Penelitian ini menunjukan bahwa sekolah tersebut berusaha secara optimal untuk menerapkan tradisi lokal atau budaya Yogyakarta kepada para siswanya. Salah satu aspek budaya Yogyakarta yang diterapkan kepada siswa di SD Muhammadiyah Purwodiningratan adalah kebiasaan mengenakan pakaian adat setiap hari kamis pahing. Di samping mendorong penggunaan pakaian adat, SD Muhammadiyah Purwodiningratan juga aktif dalam melestarikan lagu-lagu daerah. Mereka memanfaatkan perkembangan teknologi dengan merekam siswa yang sedang menyanyikan lagu-lagu daerah dan mempublikasikannya melalui akun media sosial sekolah.Tidak hanya menyanyi, para siswa juga terlibat dalam mempraktikkan permainan tradisional yang terdapat dalam lagu-lagu daerah tersebut.

Keywords


Kearifan Lokal, Globalisasi, Pakaian Adat

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Hesti, & Andi, K. (2021). Implementasi Sekolah Dasar Berbasis Kearifan Lokal di SDN 49 Liano, Kec. Mataoleo, Kab.

Bombana. Jurnal Tunas Bangsa, 19-30.

Asih, r., & Neni, N. (2021). Pendidikan Multikultural Berbasis Kearifan Lokal Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Adat dan Budaya, 29-35.

Chairul, A. (2019). Kearifan Lokal Dalam Tradisi Mancoliak Anak Pada Masyarakat Adat Silungkang. jurnalbpnbsumbar, 172-188.

Denis, D., Arfi, P. N., Tin, R., & Muh, H. A. (2022). Menanamkan Sikap Budaya Lokal di Era Globalisasi pada Anak SD. Mahaguru jurnal pendidikan guru sekolah dasar, 128-133.

Heronimus, D. P. (2017). KEARIFAN LOKAL DAN PENERAPANNYA DI SEKOLAH. Jurnal Edukasi Sumba, 128-135.

Kukuh, A. A. (2017). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai Wujud Inovasi Sumber belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 28-37.

Liliana, B. (2019). Pembiasaan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Jawa. Basic Education, 487- 498.

Naomi, D. B. (2018). BUDAYA LOKAL DI ERA GLOBAL. Ekspresi Seni, 102-112.

Rosmalah. (2021). Penerapan Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 232-236.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.