Menghadapi Tantangan Pengajaran Bahasa Inggris Di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 1 Godean: Pengalaman Magang Dan Solusinya

Aulia Prahastuti, Angga Budi Saputra, Arilia Triyoga

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk mengkaji tantangan yang dihadapi dalam pengajaran bahasa inggris di kelas VII Sekolah menengah pertama Muhammadiyah 1 godean beserta solusi untuk mengatasi tantangan tersebut. Adapun metode pengambilan data melibatkan observasi kelas secara langsung, wawancara guru yang kemudian dianalisis dengan analisis deskriptif. Dan hasil diskusi penelitian menunjukan berbagai tantangan yang dihadapi guru termasuk perbedaan kemampuan siswa, kendala motivasi siswa dan integrasi keterampilan bahasa. Dan solusi penelitian menyimpulkan bahwa menghadapi tantangan dalam pengajaran bahasa inggris memerlukan pengajaran diferensiasi, kreativitas model pengajaran, dan penggunaan bahasa yang tepat serta pembiasaan bahasa dalam aktivitas-aktivitas sederhana

Keywords


Tantangan, Pengajaran Bahasa Inggris

Full Text:

PDF

References


Afrianto, A., Dahnilsyah, D., & Supriusman, S. (2019). Eksplorasi Pengalaman Mahasiswa Bahasa

Inggris Selama Program Ppl: Harapan, Tantangan, Dan Pelajaran. Jurnal Pendidikan, 9(1),

-30.

Febli Suryana, Y., Larasati, A. H., & Arista, A. D. (2022). Dampak Rewarding Sebagai Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Bahasa Inggris Pada Siswa Smp Muhammadiyah 4 Sambi Selama Pandemi. 82–86. https://doi.org/10.23917/blbs.v4i2.21235

Lamatokan, Al. (2018). Persepsi Siswa terhadap Gaya Mengajar Guru dan Penggunaan Strategi Pembelajaran dalam Pengajaran Bahasa Inggris. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing Dan Sastra, 2(2), 41--46.

Maili, S. N. (2018). Bahasa Inggris pada sekolah dasar: Mengapa perlu dan mengapa dipersoalkan. JUDIKA (Jurnal Pendidikan Unsika), 6(1), 23-28.

Muliana, I. N. (2020). Mengatasi kesulitan dalam berbahasa inggris. Linguistic Community Services Journal, 1(2), 56-63.

Rohmah, S. N. (2019). Eksistensi bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dalam ilmu pengetahuan di era globalisasi.

Tambunsaribu, G., & Galingging, Y. (2021). Masalah yang dihadapi pelajar bahasa Inggris dalam memahami pelajaran bahasa Inggris. DIALEKTIKA: Jurnal bahasa, sastra dan budaya, 8(1), 30-41.

Sipatu, Y. T., & Silitonga, B. (2022). Implementasi Metode Tanya Jawab Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa SD Pada Pembelajaran Daring. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 6(2), 89-96.

Utomo, A. P. Y., Safitri, A. N., & Mubarok, S. (2023). Pemanfaatan YouTube untuk Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Teks Eksplanasi di SMP. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(2), 45-59.

Winataputra, U. S., Delfi, R., Pannen, P., & Mustafa, D. (2014). Hakikat Belajar dan Pembelajaran. Hakikat Belajar dan Pembelajaran, 4(1), 1-46.

Yuyun Windarti, Y., Nurfahrudianto, A., & Samijo, M. P. (2021). PENGEMBANGAN MEDPEN BARETA PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMATIKA (Doctoral dissertation, Universitas Nusantara PGRI Kediri).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.