Upaya Guru Ismuba (Al-Islam, Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab) dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa di SMP Muhammadiyah 2 Prambanan

Saefudin Saefudin, Hanif Cahyo, Latifatus Syafira

Abstract


Penelitian ini ditulis karena seringnya terjadi masalah dan kendala pada guru ISMUBA dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa di SMP Muhammadiyah 2 Prambanan. Adapun jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif yang menjadi subjek penelitian ini yaitu guru ISMUBA SMP Muhammadiyah 2 Prambanan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa; a.  Upaya guru ISMUBA dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa  yaitu dengan melaksanakan sholat zuhur berjamaah, membaca asmaul husna, hafalan 5 ayat pertama surah al-baqarah, hafalan ayat kursi, hafalan 3 ayat terakhir surah al-baqarah dan doa belajar Bersama. b. Faktor pendukungnya adalah Kerjasama antara guru, peraturan sekolah, dan lingkungan sekolah yang nyaman. c. faktor penghambatnya adalah keluarga, ekonomi dan Handphone. d. solusinya dengan memberikan pembinaan, pendekatan dan motivasi kepada siswa.

Keywords


Kecerdasan Spiritual, Upaya Guru, ISMUBA, Meningkatkan

Full Text:

PDF

References


Anggito, & Setiawan. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Pert). CV. Jejak.

Budi Heriyanto, Agus Sarifuddin, Herman, Ali Maulida, Abdul Jabar. (2022). Metode Rasulullah Dalam Mendidik Anak: Studi Hadits Sammillah Wakul Biyaminik Wa Mimma Yalik (Ucapkan Bismillah Dan Makan Menggunakan Tangan Kanan Dan Memakan Makanan Yang Ada Disekitar). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(03) 820.

Elfiky, I. (2019). Metode Menumbuhkan Kecerdasan Spiritual (Edisi Pert). Dilarzia.

Herman, Hery Saparjan Mursi, Ahmad Khoirul Anam, Ahmad Hasan, Ade Naelul Huda. (2023). Relevansi Dekadensi Moral Terhadap Degradasi Lingkungan. Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, 8(01): 89.

Izzan. (2012). Membangun Guru berkarakter (Pertama). Humaniora.

Maros. (2016). Penelitian Lapangan (Field Research) pada Metode Kulitatif. https://scholar.google.com.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.