Strategi SMP Muhammadiyah 2 Prambanan dalam Mengurangi Sampah Plastik di Sleman

Selli Cantika, Farid Setawan, Latifatus Syarifa

Abstract


Sampah merupakan barang yang sering digunakan orang-orang di kehidupan sehari-hari. Sampah juga terbagi menjadi dua yaitu sampah organik dan sampah anorganik. Oleh karena itu dalam mengelola sampah harus dikelola dengan benar agar tidak ada dampak dari sampah tersebut apalagi berdampak untuk lingkungan sekitar. Tujuan pengamatan ini yaitu untuk mengetahui strategi sekolah dalam mengurangi sampah plastik, jenis penelitian yaitu dengan metode kualitatif deskriptif yaitu dengan observasi/pengamatan dan wawancara kepada guru dan siswa . pada penelitian ini hasilnya menunjukkan dengan dibuatnya  program membawa tumbler dari rumah dapat mengurangi adanya sampah plastik di sekolah, dan dengan adanya tempat sampah yang berbeda untuk sampah organik dan sampah anorganik bisa memudahkan untuk pengelompokkan sampah tersebut. Adapun penanggulangan sampah bisa dilakukan dengan cara mengurangi adanya sampah plastik/botol dengan cara membawa tumbler. Dan pentingnya pendidikan karakter untuk siswa di sekolah agar peduli terhadap lingkungan sekitar dan bisa menghasilkan siswa yang baik dan berkualitas. Oleh karena itu pentingnya program untuk mengoptimalkan kesadaran untuk  cinta lingkungan yang bersih dengan kegiatan sekolah bebas akan sampah plastik. Dengan lingkungan yang bersih bisa membuat siswa dan guru semangat dalam belajar mengajar dengan adanya suasana yang asri.

Keywords


Strategi, Sekolah, Sampah

Full Text:

PDF

References


Asteria, D., & Heruman, H. (2016). Bank sampah sebagai alternatif strategi pengelolaan sampah berbasis masyarakat di Tasikmalaya (Bank Sampah (Waste Banks) as an alternative of community-based waste management strategy in Tasikmalaya). Jurnal manusia dan lingkungan, 23(1), 136-141.

Baro'ah, S., & Qonita, S. M. (2020). Penanaman CiLi (Cinta Lingkungan) Pada Siswa Melalui Program Lingkungan Sekolah Tanpa Sampah Plastik. Jurnal PANCAR (Pendidik Anak Cerdas Dan Pintar), 4(1).

Kasni, K. (2023). Upaya Pengurangan Sampah Plastik Melalui Pengelolaan dan Budaya Peduli Lingkungan Sekolah di SMP Negeri 2 Muntok. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(5), 314-324.

Musa, M. M. A. (2022). Strategi Kepala Sekolah dalam Menciptakan Sekolah Sehat melalui Program Zero Waste. Jurnal Kependidikan Islam, 12(1), 72-81.

Ponisri, P., Syam, M. I., & Susena, P. R. (2019). Penanggulangan Dan Pengelolaan Sampah Di Lingkungan Sekolah. Abdimas: Papua Journal of Community Service, 1(1), 13-20.

Setyarini, W. A. (2020). Strategi Komunikasi “Semarang Wegah Nyampah” Dalam Membangun Awareness Masyarakat Untuk Mengurangi Sampah Plastik. Jurnal Riptek, 14(2), 122-127.

Sofiana, Y. (2010). Pemanfaatan limbah plastik sebagai alternatif bahan pelapis (upholstery) pada produk interior. Humaniora, 1(2), 331-337.

Sulistyanto, H., Syafira, I. M., Isnaini, A. Q., Prasetyo, F. H., Qolby, W., Pramita, E., ... & Khusain, R. (2020). Pembiasaan pengelolaan sampah sebagai strategi pendidikan karakter peduli lingkungan bagi siswa MI Muhammadiyah Cekel, Karanganyar. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 42-49.

Sunardi, YN (2021). Upaya Greenpeace Dalam Mengurangi Limbah Plastik Di Indonesia. EJournal Ilmu Hubungan InternasionaleJournal Ilmu Hubungan Internasional , 9 (1), 9.

Widiyasari, R., Zulfitria, Z., & Fakhirah, S. (2021, November). Pemanfaatan sampah plastik dengan metode ecobrick sebagai upaya mengurangi limbah plastik. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ (Vol. 1, No. 1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.