Peran Guru Ismuba dalam Meningkatkan Nilai-Nilai Karakter Siswa di SMA Muhammadiyah 1 Imogiri

Selvia Yolanda, Sutarman Sutarman, Muhammad Azhar Ma'shum

Abstract


Penelitian ini menjelaskan tentang peran penting yang dimainkan guru ismuba dalam meningkatkan nilai-nilai karakter siswa di SMA Muhammadiyah 1 Imogiri Bantul. Lingkup karakter siswa bukan hanya tentang aspek akademik tetapi berkaitan juga dengan aspek moral, etika, kepemimpinan, dan tanggung jawab. Adapun penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan metode studi lapangan yang mana fokus untuk melihat bagaimana guru-guru ismuba merancang strategi yang dapat mendorong pengembangan nilai-nilai karakter siswa. Dari penelitian ini ditemukan bahwasanya guru ismuba memiliki peran sentral dalam meningkatkan dan membentuk karakter siswa melalui pembelajaran di dalam kelas, motivasi, dan pembiasaan. Hambatan dalam meningkatkan nilai-nilai karakter adalah faktor internal berupa keluarga  dan faktor eksternal berupa lingkungan. Keseluruhan dari artikel adalah memberikan informasi berkaitan dengan upaya guru dalam membentuk dan meningkatkan nilai karakter pada peserta didik.

Keywords


Peran Guru Ismuba, Pendidikan Karakter, Sekolah Muhammadiyah

Full Text:

PDF

References


Adiprana, Ganjar Rachmawan, and Hendro Widodo. 2020. “Peran Guru Ismuba Dalam Membentuk Akhlak Islami Pelajar SMP Muhammadiyah 2 Depok.” Muaddib: Islamic Education Journal 3(1):25–32. doi: 10.19109/muaddib.v3i1.6016.

Barnawi. (2015). Strategi & Kebijakan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Ar Ruzz Media

Indana, Nurul, and Rani Roifah. 2021. “Kompetensi Kepribadian Guru Dalam Pembinaan Akhlak Siswa.” Ilmuna: Jurnal Studi Pendidikan Agama Islam 3(1):46–65. doi: 10.54437/ilmuna.v3i1.250.

Lexy, J. Moleong (2016). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT.Remaja Rosdakary

Nata, A. (2001). Paradigma Pendidikan Islam. Grasindo.

Salsabilah, Azka Salmaa, Dinie Anggraeni Dewi, Yayang Furi Furnamasari, Program Studi, Pendidikan Guru, and Sekolah Dasar. 2021. “Peran Guru Dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5(3):7158–63.

Siswo, Sareh, and Setyo Wibowo. 2017. “Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Al-Islam, Kemuhammadiyahan, Dan Bahasa Arab (Ismuba) Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 1 Purbalingga.” Tesis 154.

Suliswiyadi. 2013. Pembelajaran Al-Islam Reflektif. Magelang: UMMgl Press

Widiastuti, Hartati. 2003. “Peran Guru Dalam Membentuk Siswa Berkarakter.” Pendidikan Karakter Di Tingkat Sekolah Dasar 41–53.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.