Analisis Tujuan Penerapan Budaya 5S dalam Membentuk Karakter Siswa di SMA Muhammadiyah 1 Imogiri

Tri Nursabantia, Sutarman Sutarman, Fahmi Syaefudin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan pendidikan kepribadian 5S (tersenyum, menyapa, menyapa, sopan, santun) pada SMA Muhammadiyah 1 Imogiri diantaranya:Ketika menerapkan budaya tersebut, apa peran pendidik dalam menjalankan kegiatan tersebut, upaya apa yang dilakukan untuk menumbuhkan realitas pendidikan karakter tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis studi kasus. Subyek penelitian penelitian ini adalah kepala sekolah, guru ekstrakurikuler, guru kelas dan subjeknya adalah seluruh siswa kelas X, XI dan XII SMA Muhammadiyah 1 Imogiri. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa SMA Muhammadiyah 1 Imogiri melaksanakan pendidikan karakter melalui budaya 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan dan Santun).

Keywords


Karakteristik, 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun)

Full Text:

PDF

References


Alfianita, D. (2016). PENDIDIKAN KARAKTER 5S (SENYUM, SALAM, SAPA, SOPAN, SANTUN) DI SMA NEGERI 3 SIDOARJO Desy Alfianita.EIMPLEMENTASI. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 01(2), 1–7.

Elsa Elitia Hasibuan1, Irma Tussa’diyahHasibuan 2, Nur Khotima3, Syafitri Halawa4, S. M. D. (2023). Analisis Penerapan Budaya Sekolah dalam Pembentukan Karakter Siswa di Sekolah. Aleph, 87(1,2), 149–200. https://repositorio.ufsc.br/xmlui/bitstream/handle/123456789/167638/341506.pdf?sequence=1&isAllowed=y%0Ahttps://repositorio.ufsm.br/bitstream/handle/1/8314/LOEBLEIN%2C LUCINEIA CARLA.pdf?sequence=1&isAllowed=y%0Ahttps://antigo.mdr.gov.br/saneamento/proeesa/90

Ida Nurjanah, A. H. S. (2020). IMPLEMENTASI PROGRAM BUDAYA SEKOLAH 5S (SENYUM, SALAM, SAPA, SOPAN, SANTUN) DALAM MENANAMKAN SIKAP RELIGIUS SISWA DI MIN 02 KOTA TANGERANG SELATAN. Jurnal Qiro’ah, 1, 58–73.

Letteresa, F. E., & Erviana, V. Y. (2019). Implementasi Kultur Sekolah Dalam Membangun Karakter Religius Bagi Siswa Sd Muhammadiyah Argosari. Prosiding Seminar Nasional Pagelaran Pendidikan Dasar Nasional (Ppdn) 2019, 1(1), 326–338. http://www.seminar.uad.ac.id/index.php/ppdn/article/view/1411

Rahayu, D. W., & Taufiq, M. (2020). Analisis Pendidikan Karakter melalui Living Values Education (LVE) di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(7), 1305–1312.

Rofi’ie, A. H. (n.d.). Pendidikan Karakter adalah Suatu Keharusan. Waskita, 1(1), 113–128.

Sandria, A., Asy’ari, H., & Siti Fatimah, F. (2022). Pembentukan Karakter Religius Melalui Pembelajaran Berpusat pada Siswa Madrasah Aliyah Negeri. At-Tadzkir: Islamic Education Journal, 1(1), 63–75. https://doi.org/10.59373/attadzkir.v1i1.9

Setyadi, Y. B., Anggrahini, T. O., Wardani, N. P. K., Yunanto, W. N., Setiawati, O. T., Hidayati, G. N., Amalia, G. R., Dewi, M. K., Priyatmojo, N., & Nugroho, I. (2020). Penerapan Budaya 5S sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Siswa di MTs Muhammadiyah 9 Mondokan, Sragen. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 70–76. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v1i2.10774

Suhana Yuha Prasetya,Ikha Listyarini, A. W. (2019). ANALISIS PEMBIASAAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA KELAS V DISD ISLAM ALMADINA SEMARANG. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 09, 1697–1719.

Yusutria, & Sutarman. (2021). Profesionalisme Guru Dalam Menumbuhkan Nilai Karakter Siswa Berbasis Nilai-Nilai Budaya 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun) Di Smk 1 Muhammadiyah Kasihan Bantul Yogyakarta. Manusia Dalam Prespektif Agama Islam, 2(September), 177–188. https://journal.uhamka.ac.id/index.php/jpi/article/view/7974


Refbacks

  • There are currently no refbacks.