Implementasi Metode Jigsaw pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah Seyegan Sleman

velly Sanzi, Yusron Masduki, Sutarti Sutarti

Abstract


Pada era globalisasi yang terus berkembang, dunia pendidikan menjadi satu topik yang menarik perhatian banyak orang, pendidikan adalah modal yang harus dimiliki oleh semua orang, oleh karena itu dengan latar belakang pendidikan yang baik menunjukkan kualitas yang baik. Tujuan research ini untuk mengetahui implementasi metode jigsaw di pembelajaran PAI di SMP Muhammadiyah 1 Seyegan. Research ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara. Sebagaimana hasil wawancara dilakukan, bahwa implementasi metode jigsaw pada mata pelajaran PAI sangat efektif dengan hasil yang maksimal, dimana metode ini sangat menarik, karena menggunakan metode yang menyenangkan. Hasil riset yang diperoleh diharapkan dapat digunakan sebagai dasar evaluasi pembelajaran dan sebagai acuan untuk penelitian di masa mendatang.

Keywords


Implementasi, Metode Jigsaw, Pelajaran PAI

Full Text:

PDF

References


Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80-86.

Almarâ, H., Koeswardani, N. F., & Fitriana, V. K. (2018). Metode pembelajaran jigsaw dalam meningkatkan keterampilan komunikasi siswa SMP. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 1(1), 160-167.

Ernanida, E., & Al Yusra, R. (2019). Media audio visual dalam pembelajaran PAI. Murabby: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 101-112.

Handayani, V., Maulidiana, F., Nasution, A. N. P., & Anjarwati, A. (2022). MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK. Jurnal Sosial Humaniora Sigli, 5 (2), 125-130.

Kusuma, A. W. (2018). Meningkatkan kerja sama siswa dengan metode Jigsaw. Jurnal Konselor, 7(1), 26-30.

Kahar, M. S., Anwar, Z., & Murpri, D. K. (2020). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap peningkatan hasil belajar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 279-295.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Misykat, 3(1), 171-187.

Pinem, R. K. B. (2019). Metode Pembelajaran Al-Islam Dan Kemuhammadiyahan Di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 11(2), 373-395.

Pujingsih, R. R. S. H. (2021). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika dengan Metode Kooperatif Tipe Jigsaw di SMA Negeri 1 Gerung. Jurnal Paedagogy, 8(1), 50-56.

Rahmatulloh, D., Rukajat, A., & Ramdhani, K. (2022). Penerapan Metode Jigsaw dalam Materi PAI Meneladani Kemuliaan Rasul Allah SWT di SMPN 1 Karawang Timur. FONDATIA, 6(3), 631-648.

Saihu, S. (2020). Konsep pembaharuan pendidikan islam menurut fazlurrahman. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 82-95.

Simaremare, J. A., & Purba, N. (2021). Metode Cooperative Learning Tipe Jigsaw Dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Bandung : Widina Bhakti Persada Bandung.

Utomo, K. B. (2018). Strategi dan metode pembelajaran pendidikan agama islam mi. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 5(2), 145-156.

Ulwiyah, N., & Mumayizah, N. (2020). Implementasi Metode Jigsaw Dan Media Diorama Kelapa Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa MI Pada Mata Pelajaran Tematik. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(1), 63-78.

Wirabumi, R. (2020, October). Metode Pembelajaran Ceramah. In Annual Conference on Islamic Education and Thought (ACIET) (Vol. 1, No. 1, pp. 105-113).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.