Pembiasaan Keseharian Nilai-Nilai Islami di sekolah dalam Pengembangan Karakter Peserta Didik SMP Muhammadiyah 2 Prambanan

Zaharra Fadillah, Hanif Cahyo, Devi Susanti

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui serta memahami keterkaitan pembiasaan nilai-nilai islami yang meliputi nilai akidah, akhlak dan ibadah di lingkungan sekolah dengan pengembangan karakter peserta didik. SMP Muhammadiyah 2 Prambanan melakukan pembiasaan nilai-nilai islami tidak hanya di dalam jam pelajaran, akan tetapi juga di luar jam pembelajaran. Adapun pengembangan karakter peserta didik yaitu meliputi pengembangan akidah dan keagamaan, kekreatifan, kejujuran, amanah, mandiri, kritis, rasa ingin tahu, tanggung jawab, komunikatif dan peduli dengan sesama dan semua yang ada di sekitar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan mengobservasi secara langsung di sekolah SMP Muhammadiyah 2 Prambanan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembiasaan keseharian nilai-nilai islami di sekolah dalam pengembangan karakter peserta didik SMP Muhammadiyah 2 Prambanan memiliki pengaruh positif terhadap masing-masing peserta didik.

Keywords


Pembiasaan, Nilai-nilai Islami, Pengembangan Karakter

Full Text:

PDF

References


Anis Ibnatul, M. (2013). Pendidikan Nasionalisme melalui Pembiasaan di SD Negeri Kuningan 02 Semarang Utara. Jurnal: UNES.

Gularso dan Firoini. (2015). Pendidikan Karakter melalui Program Pembiasaan di SD Islam Terpadu Insan Utama Bantul Yogyakarta. Tri Hayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an.

Meriyati. (2015). MEMAHAMI KARAKTERISTIK ANAK DIDIK. Fakta Press iAIN Raden lntan Lampung. http://repository.radenintan.ac.id/10379/1/1.%20BUKU_KARAKTERISTIK_Meriyat i_Fix_Baru.pdf

Muchlas Samani. (2013). Pendidikan karakter konsep dan model. PT Remaja Rosdakarya.

Syarbaini, S. (2015). Pendidikan Pancasila di perguruan tinggi: implementasi nilai-nilai karakter bangsa. Ghalia Indonesia.

Zubaedi. (2013). Desain Pendidikan Karakter. Kencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.