Penggunaan Flashcard Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris di MTS Muhammadiyah Gedongtengen

Destiya Anggoro Putri, Nurkholis Uliawan, Japen Sarage, Marizta Syahda Tiara Yahya

Abstract


Media flashcard adalah alat media pembelajaran yang berupa kartu dengan gambar yang dapat memikat perhatian peserta didik dan dimanfaatkan sebagai alat atau pengantar pada proses kegiatan belajar dalam kelas untuk mencapai tujuan pembelajaran yang harapkan. Flashcard juga dapat membantu siswa dalam mengenal dan menghafalkan beberapa kosa kata baru dalam bahasa Inggris sesuai materi yang akan dipelajari. Dengan menggunakan flashcard dapat meningkatkan produktivitas aktivitas pembelajaran bahasa Inggris di kelas. Peserta didik menjadi lebih aktif dan ikut berpartisipasi di kegiatan tanya jawab dan menyebutkan kosakata berbahasa Inggris sesuai gambar yang terdapat di flashcard tersebut. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengeksplorasi manfaat penggunaan media flashcard pada pembelajaran bahasa Inggris di MTs Muhammadiyah Gedongtengen khususnya pada kelas 7. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, praktek secara langsung serta metode pengumpulan data lainnya. Data dianalisis dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penyimpulan dan verifikasi. Objek yang diamati dan diteliti ialah siswa murid kelas 7A MTs Muhammadiyah Gedongtengen.

Keywords


Flashcard, Aktif, Motivasi Menghafal Kosa kata

Full Text:

PDF

References


Hotimah, E. (2010). Penggunaan Media Flashcard Dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa Pada Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Kelas Ii Mi Ar-Rochman Samarang Garut. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 4(1), 10–18.

Iswari, F. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Inggris Berupa Flashcard Bergambar pada Tingkat Sekolah Dasar. Deiksis, 9(02), 119. https://doi.org/10.30998/deiksis.v9i02.1375

Koilmo, E. B. A., Mbuik, H. B., & Nitte, Y. M. (2020). Analisis Penggunaan Media Flash Card dalam Meningkatkan Motivasi Membaca Permulaan Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar Inpres Bertingkat Oebobo 2 Kupang. Jurnal Mahasiswa Pendidikan Dasar, 2(2), 101–110.

Utomo, A. P. Y., Safitri, A. N., & Mubarok, S. (2023). Pemanfaatan YouTube untuk Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Teks Eksplanasi di SMP. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(2), 45-59.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.