Penggunaan Perangkat Pintar Pada Kegiatan Belajar Bahasa Inggris di SMA 5 Yogyakarta

Mikel Nabil Abraham, Ikmi Nur Oktavianti, Nurdiyah Suryani

Abstract


Abstrak

Di penelitian ini saya meneliti tentang penggunaan peragkat pintar pada kegiatan belajar bahasa Inggris di SMA 5 Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa jauh penggunaan perangkat pintar untuk kegiatan belajar bahasa Inggris di kelas XI MIPA 4 SMA 5 Yogyakarta. Metode yang saya gunakan untuk melakukan penelitian ini adalah metode observasi dan wawancara kepada tiga narasumber yang menggunakan perangkat pintar berbeda agar mendapat dari sudut pandang yang juga tidak sama satu sama lainnya. Pada proses analisis data, saya menggunakan model kualitatif seperti: 1) Reduksi data, memilih data pokok, peringkasan, tema, serta pola untuk data pokok. 2) Penyajian data, berbentuk penjelasan hubungan kategori. 3) Kesimpulan, disesuaikan dengan fokus penelitian dan hasil penelitian. Hasil penelitian setelah melihat bagaimana mereka menggunakan peragkat pintar yang mereka gunakan dinilai cukup optimal karena mereka mampu menggunakannya dengan baik. Ditambah dengan akses internet yang tersedia pada perangkat pintar menjadi nilai lebih karena bisa menemukan berbagai refrensi baru yang tidak ada di buku.


Keywords


Kegiatan belajar, perangkat pintar, optimalisasi.

Full Text:

PDF

References


Gamaing, George. “Alvin Tofler membagi perkembangan peradaban manusia itu menjadi 3 gelombang”. Academia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.