Kecemasan Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Siswa Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta

Qorine Meylanie Hartienah, Rihhadatul ‘Aisy Salsabiilah, Japen Sarage, Agustyani Ernawati

Abstract


Mempelajari bahasa asing tentu tidak mudah. Tantangan  muncul terkait dengan bentuk tulisan, pelafalan, dan aturan tata  bahasa yang berbeda dari bahasa ibu yang diucapkan sejak lahir  sehingga pembelajar sering melaporkan merasa frustasi karena siswa  selalu lupa kosakata baru. Kecemasan siswa mempengaruhi minat  siswa terhadap pelajaran Bahasa Inggris Penelitian ini bertujuan  untuk menyelidiki kecemasan bahasa inggris pada siswa kelas XI F semester satu Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta.  Secara khusus, penelitian ini mengidentifikasi faktor-faktor  penyebab kecemasan muncul saat belajar bahasa Inggris dikelas.  Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan  pendekatan studi kasus. Ada sepuluh siswa yang cemas bersedia  menjadi partisipan dalam penelitian ini. Pengumpulan data  dilakukan dengan observasi dan wawancara terstruktur. Hasil dari  penelitian ini menunjukkan seidaknya enam faktor penyebab  kecemasan siswa, yaitu berbicara di depan kelas, ditertawakan orang  lain, masukan yang tidak dapat dipahami, keyakinan guru, dan  ketidaksiapan siswa.

Keywords


Kecemasan Bahasa, Penyebab, Tantangan, Strategi

Full Text:

PDF

References


Dalkiliç, N. (2001). The role of foreign language classroom anxiety in English speaking courses. Çukurova Üniversitesi Sosyal Bilimler Enstitüsü Dergisi, 8(8).

Dhelilik, “Tujuan Pembelajaran Bahasa Inggris Kurikulum Merdeka” https://bertema.com/tujuan pembelajaran-bahasa-inggris-kurikulum

merdeka#:~:text=memastikan%20peserta%20didik%3A-,1.,budaya%20Indonesia%20dan% 20budaya%20asing (diakses pada 20 Juli 2023, pukul 21.36).

H. Douglas Brown, Breaking the Language Barrier, (Yarmouth: Intercultural Press, Inc., 1991), hal. 73.

Jack R. Fraenkel dan Norman E. Wallen, How to Design and Evaluate Research in Education: Seventh Edition, (New York: The McGraw-Hill Companies, 2009), hlm. 13. MacIntyre, P. D. (1995). How does language anxiety affect second language learning? A reply to Sparks and Ganshow. The Modern Language Journal, 79(1), 90-99.

Megawati Basri, 2019. Faktor Kecemasan Siswa Dalam Berbicara Bahasa Inggris Pada Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta Vol. 3. pp11 1420-1427.

Mike Nurmalia Sari & Pretty Elisa Ayu Ningsih. (2022). An Analysis of Students’ Motivation and Anxiety on Learning English At Sma Negeri 6 Kerinci. Pendekar : The Journal of Character Education 5, no.3:182.

Rahmina, R. 2016. The Use of Code Switching in Learning English at Ma Mu'allimaat


Refbacks

  • There are currently no refbacks.