Pembinaan Karakter Disiplin Pada Siswa Melalui Pembiasaan Salat Dhuha di SMP Muhammadiyah 7 Yogyakarta

Alifa Amalia Izzati, Muhammad Rizali Syahrul Nur Hamdani, Fandi Akhmad, Karina Nur Wahidiyati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana pembinaan karakter siswa di SMP Muhammadiyah 7 Yogyakarta melalui pembiasaan salat dhuha. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, menggunakan metode observasi dan wawancara untuk pengumpulan data. Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana pembiasaan Salat Dhuha dapat digunakan sebagai alat efektif dalam pembinaan karakter disiplin siswa. Kami akan mengulas nilai keagamaan yang terkandung dalam Salat Dhuha, menjelaskan dmpak positif dari pelaksanaan salat ni terhadap disiplin individu, dan menganalisis hasil dalam menerapkan pembiasaan Salat Dhuha dalam pendidikan. Pembinaan karakter disiplin, diharapkan dengan diadakannya pelaksanaan salat sunnah dhuha setiap hari disekolah dapat membuat siswa di SMP Muhammadiyah 7 mempunyai dan dapat membangun serta menumbuhkan karakter yang disiplin.

Keywords


Pembinaan, Karakter, Disiplin, Salat Dhuha

Full Text:

PDF

References


Andrianie, Santy, Restu Dwi Ariyanto, Rosalia Dewi Nawantara, A Pendahuluan, Bimbingan Berbasis Experiential, and Sekolah Dasar Bulu. 2017. “Peningkatan Keterampilan Empati Sebagai Usaha Pembentukan Generasi Karakter,” 199–207.

Annisa, Fadillah. 2019. “Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Disiplin Pada Siswa Sekolah Dasar.” Perspektif Pendidikan Dan Keguruan 10 (1): 69–74. https://doi.org/10.25299/perspektif.2019.vol10(1).3102.

Fenty Sulastini, and Moh. Zamili. 2019. “Efektivitas Program Tahfidzul Qur’an Dalam Pengembangan Karakter Qur’ani.” Jurnal Pendidikan Islam Indonesia 4 (1): 15–22. https://doi.org/10.35316/jpii.v4i1.166.

Ghofar, Abdul. 2013. “Penanaman Disiplin Pa D a a N a K U S I a D I N I” 01 (01): 16–35.

Kevin, Leila. 2019. “Critical Thingkin Can Growth High Order Thinking Skill,” 1–21.

Nurhayati, D. 2020. “The Implementation of the Merdeka Curriculum in Indonesian Schools: Opportunities and Challenges.” Journal of Asian Education and Development Studies 9 (2): 252–64.

Mulyani, Eni Sri, and Hunainah Hunainah. 2021. “PEMBIASAAN SALAT DHUHA UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR SISWA: Penelitian Di SD Negeri Kadingding, Kecamatan Kibin, Kabupaten Serang.” Qathruna 8 (1): 1–20.

Wulandari, Dwi. 2020. “Dampak Pembiasaan Solat Dhuha Berjamaah Terhadap Peningkatan Moral Siswa Di Sma Syarif Hidayatullah Grati.”

Zaman, Badrus. 2017. “Pembinaan Karakter Siswa Melalui Pelaksanaan Salat Sunnah Dhuha Di Sekolah Dasar Islam Terpadu

Nur Hidayah Surakarta.” Tamaddun 18 (2): 1–21.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.