Pembiasaan Hidup Islami dalam Meningkatkan Karakter Religius Siswa di SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta

Fatonatul Khasanah, Usman Arifin, Asy Syifa Dhana Susila, Bunga Melati Sukma, Angga Yuniarto, Anaas Tri Ridlo Dina Yuliana, Helmy Fauzi Awaliyah

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana nilai-nilai karakter religius siswa di SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta, serta bagaimana upaya sekolahan dalam meningkatkan penanaman nilai-nilai religius siswa pada pembiasaan keagamaan di sekolahan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan sumber data yang diperoleh melalui pengamatan pada kegiatan keagaaman siswa di sekolah seperti pada pembelajaran keagamaan, pembiasaan sholat dhuha, pembiasaan interaksi dengan Al-Qur’an, program tahfidz juz 30 dan pelaksanaan sholat dzuhur berjamaah. Adanya berbagai kegiatan keagamaan di SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta di harapkan dapat meningkatkan kualitas serta kuantitas karakter religius pada diri siswa berupa meningkatnya keimanan dan ketakwaan diri siswa kepada Allah SWT, memiliki akhlakul karimah seperti kejujuran, keikhlasan, kesopanan, gemar tolong menolong, rendah hati, serta pandai bersyukur.

Keywords


Pembiasaan Hidup Islami, Karakter Religius, Kegiatan Kagamaan, Siswa

Full Text:

PDF

References


Agus Salim Syukran, A. S. S. (2019). Fungsi Al-Qur’an bagi Manusia. Al-I’jaz : Jurnal Studi Al-Qur’an, Falsafah Dan Keislaman, 1(2), 90–108. https://doi.org/10.53563/ai.v1i2.21

Agus Wibowo. (2012). Pendidikan Karakter. Puataka Pelajar.

Ainiyah, N. (2013). Melalui Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-Ulum, 13(1), 25–38.

Air Bafirman. (2016). Pembentukan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Penjasorkes. Kencana.

Ali, M. D. (2008). Pendidikan Agama ISlam. PT Raja Grafindo Persada.

Amin, M. A. (2022). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM MENUMBUHKAN NILAI-NILAI religius PESERTA DIDIK DI MTs AL-MUHAIMIN PALOPO. International Journal of Educational Resources, 03(04).

Atika, S. (2014). Pelaksanaan Pendidikan Karakter (Religius, Cinta Tanah Air Dan Disiplin) Di SLB Al Ishlaah Padang. E-

JUPEKhu (Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus), 3(3), 747–755.

Budiman, M. A. (2017). Politeknik Negeri Banjarmasin. Pendidikan Agama Islam, 1(Pendidik. Agama Islam), 1–107.

Dasir, M. (2018). Implementasi Nilai-Nilai Religius Dalam Materi Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Tingkat SMA/SMK Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Islam, 5–6.

Eni. (1967). Pengertian Agama. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., Mi, 5–24.

Ernanida, E., & Yusra, R. Al. (2019). Media Audio Visual dalam Pembelajaran PAI. Murabby: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 101–112. https://doi.org/10.15548/mrb.v2i1.333

Indonesia, P. R. (2003). UNDANG UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL. Demographic Research, 49(0), 1-33 : 29 pag texts + end notes, appendix, referen.

Kallang, A. (2018). Konteks Ibadah Menurut Al-Quran. Al-Din: Jurnal Dakwah Dan Sosial Keagamaan, 4(2), 1–13. https://doi.org/10.35673/ajdsk.v4i2.630

Lexy J. Meleong. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya

Muhammad Mustari. (2014). Nilai Karakter Refleksi Untuk Pendidikan. PT Raja Grafindo Persada.

Musrifah. (2016). Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Islam. Eduka Islamika, 1(2), 78–90. https://doi.org/10.53649/jutau.v14i01.309

Ramadhan, C. S., & Bahiroh, S. (2021). Pemahaman Guru Bimbingan Konseling Tentang Nilai-nilai religius Islam dan Implementasinya dalam Bimbingan dan Konseling Kelompok. Islamic Counseling : Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 5(1), 15. https://doi.org/10.29240/jbk.v5i1.2051

Saputra, Y. I. K. O. (2016). Masyarakat Melalui Majelis Taklim Di Mushola Al-Hidayah Desa Karangreja.

Windiharta, B. S. (2019). Pendampingan Orang Tua Dalam Menanamkan Nilai-Nilai religius Pada Anak Didik Di Desa Tambi Kecamatan Kejajar Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 2(1), 12–25.

https://doi.org/10.21831/diklus.v2i1.23645


Refbacks

  • There are currently no refbacks.