Penerapan Media Poster Berbasis Digital dalam Pembelajaran Menulis Teks Persuasi

Naila Husna Nabila, Iis Suwartini, Pius Grastian Setia Nugraha

Abstract


Artikel ini mengulas tentang Penerapan Media Poster Berbasis Digital dalam Pembelajaran Menulis Teks Persuasi. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan observasi terkait pembelajaran Bahasa Indonesia SMA N 1 Imogiri terkait penulisan teks persuasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, dengan melaksanakan pengamatan langsung ke lapangan. Adapun sumber data diperoleh dari guru mata pelajaran Bahasa Indonesia dan siswa kelas XI 5 di SMA N 1 Imogiri dengan jumlah 35 orang. Hasil dari penelitian ini adalah pemanfaatan media pembelajaran yang efektif dapat meningkatkan kualitas dan hasil belajar siswa meskipun banyak tantangan dari penerapan media pembelajaran tersebut. Penerapan yang efektif memerlukan pemahaman tujuan pembelajaran, pemilihan konten yang tepat, dan bimbingan guru yang cermat. Interaksi antara guru dan siswa mendorong pemecahan masalah dan kreativitas dalam merancang poster persuasif. Dalam era digital yang berkembang, pendekatan ini membekali siswa dengan keterampilan komunikasi dan desain yang relevan untuk dunia modern.

Keywords


Media pembelajaran, Poster, Teks Persuasi

Full Text:

PDF

References


Aisyah, Siti. 2022. “Penerapan Media Poster Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Menulis Teks Persuasi Pada Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 5 Kota Jambi.” S1 thesis.

Damayanti, Fitria. Peningkatan Keterampilan Menulis Persuasi Menggunakan Media Poster Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Purworejo Tahun Pelajaran 2013/2014.

Darma Putra, Agus, and Alpan Ahmadi. 2021. Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui Media Digital Pada Anak-Anak…147 Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui Media Ddigital Pada Anak-Anak di Desa Ganti (Lombok ).

Dwi Saputri, Meinanda. 2019. 2 Prosiding Sembadra Universitas Sriwijaya Pengaruh Media Iklan Terhadap Kemampuan Menulis Teks Persuasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 47 Pelambang.

Fitria Rahma Andriani, Annisa et al. “Analisis Kesalahan Berbahasa Bidang Wacana Pada Media Tulis Poster Berbasis Digital”. Jurnal Bahasa dan Sastra 2(2): 2022.

Hildayanti, Andi Sukri et al. 2018. 3 JKPD) Jurnal Kajian Pendidikan Dasar Pengaruh Penggunaan Media Poster Ddalam Menulis Karangan Narasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD Negeri 77 Kanaeng Kabupaten Takalar.

Iin, Setyaningrum. 2019. “Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Persuasi Dengan Metode Salam Soal Berbagi Dan Media Poster Pada Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 1 Gabus Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019.” Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma.

Noviani, Intan. 2017. “Pembelajaran Menyajikan Teks Persuasi Dengan Media Poster Melalui Inkuiri Pada Siswa Kelas VIII SMPN 14 Bandung Tahun Pelajaran 2016/2017.”

Siregar, Lorisa. 2019. “Pengaruh Penggunaan Media Gambar Poster Terhadap Keterampilan Menulis Teks Persuasi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Muari Jambi.”

Suratmi. 2023. “Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Persuasi Dengan Menggunakan Media Poster Di MTs Negeri 4 Bantul.” Jurnal Pendidikan Madrasah 8(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.