Pengaruh Budaya Sekolah Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Muhammadiyah Kalasan

Naima Sari Maharani, Denik Wirawati, Erna Munifah

Abstract


Budaya sekolah memberikan pengaruh besar terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Muhammadiyah Kalasan. Budaya sekolah di SMA Muhammadiyah Kalasan sudah berjalan dengan baik dan diterapkan oleh warga sekolah. Meskipun terdapat kekurangan dalam penerapan budaya sekolah di SMA Muhammadiyah Kalasan. Namun, secara keseluruhan budaya sekolah sudah diterapkan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah budaya sekolah berpengaruh terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Muhammadiyah Kalasan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa budaya sekolah memiliki pengaruh terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas. Pembelajaran Bahasa Indonesia memuat materi yang berbasis teks dengan masalah-masalah yang sering terjadi di kehidupan sehari-hari. Hubungan antara materi Bahasa Indonesia dengan budaya sekolah yang saling berkaitan memberikan bukti bahwa budaya sekolah memiliki pengaruh terhadap bahan yang diajarkan pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Selain itu, literasi yang memiliki kaitan erat dengan Bahasa Indonesia juga sudah dijalankan dengan baik sehingga memudahkan proses pembelajaran Bahasa Indonesia.

Keywords


pengaruh, pembelajaran, bahasa Indonesia, teks

Full Text:

PDF

References


Amelia, M., & Ramadan, Z. H. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5548-5555.

Masdul, M. R. (2018). Komunikasi pembelajaran. Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 13(2), 1-9.

Mawardi, M., & Indayani, S. (2020). Pengaruh Budaya Sekolah Terhadap Karakter Siswa Kelas 5 Sd Negeri 6 Subulussalam Kota Subulussalam. Jurnal Islam Hamzah Fansuri, 3(2).

Nursidah, N., Yunus, M., & Elpisah, E. (2022). Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan Budaya Sekolah Terhadap Mutu Mengajar Guru. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 10(1), 38-44.

Saputra, D., Basuki, I., & Setyowati, S. (2021). Pengaruh Budaya Sekolah Terhadap Kualitas Proses Pembelajaran. PIONIR: JURNAL PENDIDIKAN, 10(2).

Simbolon, F. Y. (2019). STRES NARAPIDANA LEMBAGA PEMASYARAKATAN PEREMPUAN KELAS IIA SEMARANG (Doctoral dissertation, UNIKA SOEGIJAPRANATA SEMARANG).

Zubaidah, S. (2016). Pengaruh budaya sekolah dan motivasi kerja guru terhadap mutu pendidikan di SMK N 1 Pabelan. Prosiding Ilmu Pendidikan, 1(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.