Kompetensi Kepribadian Guru dalam Menciptakan “The Future Hero” yang Mulia

Reki Kusuma Wardana, Yosi Wulandari, Titik Kuntartiningtyas

Abstract


Seorang guru perlu memiliki kompetensi kepribadian yang mumpuni. Hal itu karena kompetensi kepribadian merupakan kompetensi inti dari keempat kompetensi seorang guru. Tujuan artikel ini guna memberikan penguatan dalam aspek kompetensi kepribadian yang dinilai masih jarang diterapkan oleh seorang guru. Metode yang digunakan adalah metode wawancara kualitatif. Hasil gagasan ini ditemukan dengan melakukan observasi serta wawancara mendalam di SMAN 1 Pleret saat pelaksanaan PLP 1. Selain itu, studi pustaka juga dilakukan untuk menguatkan hasil dari wawancara dengan narasumber. Gagasan yang ditemukan yakni mencakup tiga gagasan, yakni dengan singkatan mood, alturistis, dan sabar (MAS). Mood atau suasana hati adalah proses seorang guru yang harus memiliki laboratorium emosi dalam benaknya untuk bisa menciptakan emosi baru saat menghadapi peserta didik yang diajarnya. Pada intinya emosi guru saat mengajar peserta didik harus dipisahkan dengan emosi diri pribadinya. Alturistis seorang gurumerupakan keadaan dimana kehidupannya didikasikan pada negara demi mencerdaskananak bangsa dengan mengorbankan sebagian dari kehidupan dan kebahagiaan diluar sebagai seorang guru. Sabar merupakan gambaran sifat yang memuat paripurnaseluruh sifat sebagai seorang guru. Gagasan tersebut merupakan bentuk kekuatan yang harus dimiliki calon guru, dan guru demi terciptanya The Future Hero yang mulia dimasa yang akan datang.

Keywords


Kompetensi, Kepribadian, Guru, Mood, Alturistis, Sabar

Full Text:

PDF

References


Adib, M. A. (2022). AKTUALISASI PRINSIP “DIGUGU LAN DITIRU” DALAM PENGEMBANGAN KUALITAS GURU PAI DI ABAD-21. JURNAL HURRIAH: Jurnal Evaluasi Pendidikan Dan Penelitian, 3(3), 73–82.

Ainiyyah, N. (2023). Peran Etika Profesi Dalam Upaya Penegakkan Profesionalisme Tenaga Pendidik. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 5779–5783.

Alamsyah, A., Pettalongi, A., & Hasnah, S. (2022). Pengaruh Kode Etik Guru Terhadap Perilaku Kerja Tenaga Pendidik. Prosiding Kajian Islam Dan Integrasi Ilmu Di Era Society (KIIIES) 5.0, 1, 284–289.

Anas, M. (2023). PROFESI GURU SEBAGAI PANGGILAN JIWA. EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam Dan Keagamaan, 7(1).

Arifiyanto, A., Herawati, J., & Septyarini, E. (2023). Pengaruh Motivasi, Kompensasi Finansial dan Komunikasi terhadap Kinerja Karyawan Supermarket Pamella Sembilan. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 5(6), 2650–2661.

Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2023). Metode Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 1–9.

Baro’ah, S. (2020). Kebijakan merdeka belajar sebagai strategi peningkatan mutu pendidikan. Jurnal Tawadhu, 4(1), 1063–1073.

Ernadewita, E., Rosdialena, R., & Deswita, Y. (2019). Sabar sebagai terapi kesehatan mental. Jurnal Kajian Dan Pengembangan Umat, 2(2).

Eryc, E. (2023). Peran Kasih dan Altruisme terhadap ketahanan keberlanjutan Organisasi. Trending: Jurnal Manajemen Dan Ekonomi, 1(4), 143–156.

Famahato Lase. (2016). Kompetensi Kepribadian Guru Profesional. Jurnal PPKn Dan Hukum, 11(1), 36–66. https://ejournal.unri.ac.id/index.php/JPB/article

Fauziah, A., Zainuddin, A., Mahmud, A., & Mufid, M. A. (2023). ANXIETY DISORDER DALAM AL-QUR’AN (Telaah Lafadz Khauf, Halu’dan Huzn). Triwikrama: Jurnal Multidisiplin Ilmu Sosial, 1(2), 77–106.

Febyaningsih, E., & Nurfadilah, N. (2021). Pelaksanaan Program Parenting Di Raudhatul Athfal Permata Assholihin. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 1(2), 70–77.

Hakim, M. Z., & Meyrinda, J. (2023). Studi Kualitatif Perilaku Keuangan Perusahaan dalam Sektor Rill UMKM. Indonesian Journal of Behavioral Studies, 3(1), 39–53.

Hasan, M., Harahap, T. K., Hasibuan, S., Rodliyah, I., Thalhah, S. Z., Rakhman, C. U., Ratnaningsih, P. W., Mattunruang, A. A., Silalahi, D. E., & Hasyim, S. H. (2023). Metode penelitian kualitatif. Penerbit Tahta Media.

Indriawati, P., Ganjar, S., Dwi, S. P., & Seli. (2023). GAMBARAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PADA ERA MILENIAL. Aleph, 87(1,2), 149–200. https://repositorio.ufsc.br/xmlui/bitstream/handle/123456789/167638/341506.pdf?sequence=1&isAllowed=y%0Ahttps://repositorio.ufsm.br/bitstream/handle/1/8314/LOEBLEIN%2C LUCINEIA CARLA.pdf?sequence=1&isAllowed=y%0Ahttps://antigo.mdr.gov.br/saneamento/proees

Jainiyah, J., Fahrudin, F., Ismiasih, I., & Ulfah, M. (2023). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(6), 1304–1309.

Jamhuri, M. (2023). Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Pendampingan Kegiatan Pembelajaran di Madin Miftahul Ulum Dusun Garutan Kabupaten Pasuruan.

KBBI V. (2020). In Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. https://kbbi.kemdikbud.go.id/

Krisdiyansah, Y. (2023). Pendidikan Karakter Sebagai Landasan Profesionalisme Guru yang Berkelanjutan. TANZHIMUNA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 433–441.

Kuncoro, A. N., Rahmaningsih, S., & Indrawari, K. (2023). Nilai-nilai Pendidikan Islam Dalam Film Serial Anak Nussa dan Rara. Institut Agama Islam Negeri Curup.

Liriwati, F. Y., Ilyas, M., Syahid, A., Kafrawi, K., & Mulyadi, M. (2023). PENDAMPINGAN PELATIHAN PARENTING PADA KELOMPOK IBU RUMAH TANGGA DI DESA KUALA SEBATU KABUPATEN INHIL RIAU. SAFARI: Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 3(1), 104–110.

Masahere, U., & Ilyas, F. (2023). Pengaruh Suasana Hati Terhadap Kinerja Karyawan: Studi Kasus Karyawan Mbizmarket di PT. Brilliant Ecommerce Berjaya. Jurnal Portofolio: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 59–68.

Masitoh, S., & Cahyani, F. (2020). Penerapan Sistem Among Dalam Proses Pendidikan Suatu Upaya Mengembangkan Kompetensi Guru. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(1), 122. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v8n1.p122--141

Miskahuddin, M. (2020). Konsep Sabar dalam Perspektif Al-Qur’an. Jurnal Ilmiah Al-Mu Ashirah: Media Kajian Al-Qur’an Dan Al-Hadits Multi Perspektif, 17(2), 196–207.

Mulyati, S. (n.d.). STRATEGI PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU DI SMPIT DAARUL QUR’AN MULIA BOGOR. Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah jakarta.

Nasution, A. F. (2023). Metode Penelitian Kualitatif.

Novianti, R., Copriady, J., & Firdaus, L. N. (2022). Parenting di Era Digital: Telaah Pandangan Filsafat Progresivisme John Dewey. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6090–6101.

Pasaribu, S. E. (2019). Pengaruh Motivasi, Kompetensi, Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(1), 89–103.

Prasetyo, H. (2019). Menjadi Guru yang Hebat dan Menyenangkan (A. Rahmawati (ed.); 1st ed.). Penerbit Duta.

Puteri, I. A. W., & Syafrina, R. (2023). Pengaruh Religiusitas dan Peran Orang Tua terhadap Perilaku Altruisme Anak Usia Dini. Jurnal Kesehatan Mental Indonesia, 2(1), 1–10.

Putra, H. M., Prakasa, A., & Kurniati, P. (2022). Internalisasi Nilai Kemandirian Anak melalui Parenting. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 3846–3854. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2342

Putri, D. I. K., Prayekti, P., & Subiyanto, D. (2023). Peran Kecerdasan Emosional dan Suasana Hati (Mood) terhadap Kepuasan Kerja dan Stres Kerja di Badan Pengelolaan Keuangan Pendapatan dan Aset Daerah Kabupaten Bantul. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 7(1), 300–306.

Rapi, M. (n.d.). SERTIFIKASI GURU, HARAPAN DAN TANTANGAN TERHADAP GURU (PAHLAWAN TANPA TANDA JASA). Jurnal Pendidikan Seni Rupa, 2(1), 10–17.

Rifa’i, A. (2020). Guru Harusnya Digugu dan Ditiru. Arsip Publikasi Ilmiah Biro Administrasi Akademik.

Rinto Alexandro, M. M., Misnawati, M. P., & Wahidin, M. P. (2021). Profesi Keguruan (Menjadi Guru Profesional). Gue.

Robert, B., & Brown, E. B. (2004). Metode Pengumpulan Data Penelitian Kualitatif. 1, 1–14.

Rohim, A., & Khumaidi, A. (2023). Makna Pahlawan Tanpa Jasa Bagi Tenaga Pendidik Di SMPI Raudhatul Ulum Desa Gunung Geni. Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam Dan Isu-Isu Sosial, 8(1), 55–67.

Runtu, P. S., & Kalalo, R. R. (2021). Kompetensi Guru dalam Peningkatan Prestasi Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19. Penerbit NEM.

Runtulalo, G., Lumapow, H. R., & Kapahang, G. L. (2023). HUBUNGAN ANTARA PERILAKU ALTRUISME DENGAN KUALITAS KERJA PADA ANGGOTA POLISI UNIT DIREKTORAT PENGAMANAN OBJEK VITAL DI SULAWESI UTARA. PSIKOPEDIA, 4(1).

Siagian, B. A., Nainggolan, D. M. F., & Sitorus, D. P. J. (2021). Kajian Semiotika Puisi-Puisi Pengagum Rindu Oleh M. Hanfanaraya. Jurnal Suluh Pendidikan, 9(2), 97–106. https://doi.org/10.36655/jsp.v9i2.582

Solong, N. P., & Husin, L. (2020). Penerapan Kompetensi Kepribadian Guru Pai. TA’DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 57. https://doi.org/10.30659/jpai.3.2.57-74

Sulfemi, W. B. (2016). Kompetensi Profesionalisme Guru Indonesia Dalam Menghadapi MEA. Prosiding Seminar Nasional STKIP Muhammadiyah Bogor, 106, 62–77.

Syahdea, S. R. Z. (2023). PROGRAM PARENTING MELALUI SEKOLAH ORANG TUA SANTRI DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN ANAK (Studi pada Program Parenting di PAUD IT Ihya Assunnah Kota Tasikmalaya). Universitas Siliwangi.

Syawalia, N. N. (2023). Implematasi Kode Etik Guru Dalam Pembelajaran Di Indonesia.

Viciana, H. (2019). Altruisme. Passions Sociales, 8(1), 14–19. https://doi.org/10.3917/puf.origg.2019.01.0014

Vidyawati, A., & Hasanah, M. (2019). Efektivitas Musik Klasik Untuk Menciptakan Suasana Hati Positif Pada Siswa Smp Semen Gresik. PSIKOSAINS (Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Psikologi), 14(1), 71. https://doi.org/10.30587/psikosains.v14i1.934

Watson, D. (2000). MOOD and TEMPERAMENT. The Guildford Press.

Yanti, D. A. W., & Mursidi, M. (2021). Pengaruh kepemimpinan transformasional dan kompetensi terhadap kinerja karyawan. Jurnal Manajemen Strategi Dan Aplikasi Bisnis, 4(1), 23–34.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.