Penerapan Budaya 5S di Lingkungan SMA Negeri 2 Bantul

Berliana Puspita Rubi, Purwati Zisca Diana, Jumarudin Jumarudin

Abstract


Mengevaluasi penerapan 5S disekolah dalam meningkatkan kedisiplinan, kebersihan, dan kualitas lingkungan belajarnya. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif, dengan teknik observasi dan dokumentasi. Pentingnya mengimplementasikan budaya 5S dalam sekolah agar menciptakan lingkungan sekolah yang lebih positif. Tidak hanya lingkungannya, tetapi individu yang terlibat disekolah juga menjadi karakter dan mempunyai pribadi yang baik. Penerapan membantu pembentukan karakter yang kuat dengan nilai integritas dan empati. Budaya ini bisa digunakan tidak hanya di lingkungan sekolah tetapi dalam kehidupan sehari-hari juga dapat dilakukan dengan perubahan yang positif dilingkungan luar sekolah.

Keywords


Budaya 5S; Penerapan 5S; SMA; Lingkungan budaya 5S

Full Text:

PDF

References


Andivas, M., Pamungkas, I. B., Apolos, J., Sianipar, E. M. F. G., Irwan, A. A. M., & Awalia, N. A. (2023). Efektivitas Implementasi Program 5S Pada Kantor Pemerintah Desa. Surya Abdimas, 7(2), 320-327.

Anggraini, F. S. N., Haq, A., & Mustafida, F. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya 5s (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun). JPMI: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 147-153.

Aprilia, A., & Nawawi, E. (2023). Penguatan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Melalui Budaya Sekolah. Jurnal Pengabdian West Science, 2(01), 109-120.

Gunawan, W. (2023). Penguatan Identitas Manusia Indonesia di Lingkungan Sekolah SMA Negeri 10 Kota Palembang. Jurnal Pendidikan West Science, 1(02), 64-71.

https://www.gurusiana.id/read/susisukarno/article/penerapan-budaya-5s-senyum-salam-sapa-sopan-dan-santun-dalam-upaya-mewujudkan-visi-2321115

Karwanto, S. A. Implementasi Pendidikan Karakter 5s (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun) Di SMA Negeri 3 Sidoarjo.

Khotimah, D. N. (2019). Implementasi program penguatan pendidikan karakter (PPK) melalui kegiatan 5s di sekolah dasar. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1).

Setyadi, Y. B., Anggrahini, T. O., Wardani, N. P. K., Yunanto, W. N., Setiawati, O. T., Hidayati, G. N., ... & Nugroho, I. (2020). Penerapan Budaya 5S sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Siswa di MTs Muhammadiyah 9 Mondokan, Sragen. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 70-76.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.