Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning dalam Teks LHO di SMK Muhammadiyah 2 Bantul

Dara Fitra Damara, Hasrul Rahman, Meda Alfiana

Abstract


Project Based Learninng (PjBL) adalah model pembelajaran yang berpusat pada siswa dan di akhir pertemuan guru akan meminta siswa untuk membuat luaran berupa proyek yang harus dikerjakan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi model PjBL dalam teks LHO kelas X Pemasaran di SMK Muhammadiyah 2 Bantul. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah implementasi model pembelajaran PjBL dalam teks LHO di SMK Muhammadiyah 2 Bantul menggunakan enam tahapan yakni pertanyaan pemantik, perencanaan proyek, menyusun jadwal, mentoring dan evaluasi siswa dan perkembangan proyek, pengujian hasil, dan evaluasi pengalaman.

Keywords


Implementasi; Model Pembelajaran; PjBL; LHO; SMK

Full Text:

PDF

References


(Nasobandi, 2022)(Surya et al., 2018)(Ardianti et al., 2017)(Fuadin & Fauziya, 2022)(Yuniarti et al., 2021)

(Sari & Angreni, 2018)Ardianti, S. D., Pratiwi, I. A., & Kanzunnudin, M. (2017). Implementasi Project Based Learning (PjBL) Berpendekatan Science Edutainment Terhadap Kreativitas Peserta Didik. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2), 145–150. https://doi.org/10.24176/re.v7i2.1225

Fuadin, A., & Fauziya, D. S. (2022). Implementasi Model Project Based Learning Dalam Mata Kuliah Wajib Umum Bahasa Indonesia. Semantik, 11(1), 101–110. https://doi.org/10.22460/semantik.v11i1.p101-110

Nasobandi, A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif. Intelektium, 3(2), 103–109. https://doi.org/10.37010/int.v3i2.1071

Sari, R. T., & Angreni, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Upaya Peningkatan Kreativitas Mahasiswa. Jurnal VARIDIKA, 30(1), 79–83. https://doi.org/10.23917/varidika.v30i1.6548

Surya, A. P., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kreatifitas Siswa Kelas Iii Sd Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga. Jurnal Pesona Dasar, 6(1), 41–54.

https://doi.org/10.24815/pear.v6i1.10703

Yuniarti, Haryadi, & Hariyati, N. (2021). Project Based Learning sebagai Model Pembelajaran Teks Anekdot Pada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 73–81. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/jpbsi/article/view/17795%0Ahttp://jurnal.unissula.ac.id/index.php/jpbsi/article/viewFile/17795/6343


Refbacks

  • There are currently no refbacks.