Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks di SMA Muhammadiyah Kalasan

Hesni Des Alfi, Denik Wirawati, Erna Munifah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan problematika dalam mata pelajaran bahasa Indonesia. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan deskriptif kualitatif. Data-data yang diperoleh melalui pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini terdapat beberapa permasalahan yang dihadapi oleh guru, yaitu problematika guru dalam melakukan pembelajaran dengan metode saintifik, problematika guru dalam menghadapi karakteristik peserta didik, dan problematika dalam membangun motivasi peserta didik dalam pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks.

Keywords


Problematika; Pembelajaran Bahasa Indonesia; Berbasis teks

Full Text:

PDF

References


Bukran, B. (2016). Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Guru SMA Kelas X di Kabupatenlombok Utara. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 1(2).

Dewantara, A. B. J., Sutama, I. M., & Wisudariani, N. M. R. (2019). Pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks di SMA Negeri 1 Singaraja. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 9(2).

Ningsih, N. M. (2017). Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013 berbasis Teks yang Berorientasi pada Pendekatan Saintifik. Edukasi Lingua Sastra, 15(2), 31-42.

Rezky, M. (2020). Problematika pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks. Indonesia: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1), 40-47.

Saragih, A. (2019). Pembelajaran bahasa berbasis teks dalam kurikulum 2013. MEDAN MAKNA: Jurnal Ilmu Kebahasaan dan Kesastraan, 14(2), 197-214.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.