Implementasi Pembiasaan Sholat Dhuha Berjamaah sebagai Sarana dalam Merekontruksi Akhlak Peserta Didik di SMP Muhammadiyah 1 Kalasan

Labibah Lina Fitriana, Fatihah Al-Mutamaddinah, Maulana Shidqi Aghnia, Muhammad Alif Kurniawan, Hani Shalihatun

Abstract


Abstrak

Penelitian ini membahas tentang implementasi pembiasaan sholat dhuha berjamaah sebagai sarana dalam merekontruksi akhlak peserta didik di SMP Muhammadiyah 1 Kalasan. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif dan pendekatan yang digunakan adalah studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari observasi, wawancara, serta beberapa buku dan jurnal internet. Penelitian ini menjelaskan bahwa implementasi pembiasaan sholat dhuha berjamaah di SMP Muhammadiyah 1 Kalasan dilaksanakan setiap pagi oleh seluruh warga sekolah. Rangkaian kegiatan sholat dhuha ini terdiri dari tahap persiapan, pelaksanaan, dan penutup. Adapun hambatan dalam pelaksanaannya yaitu tempat wudhu yang kurang strategis, terdapat peserta didik yang pura-pura datang bulan, bermain-main saat wudhu dan sholat, telat datang ke sekolah, serta bersembunyi di kelas agar tidak ikut sholat. Sedangkan manfaatnya adalah dapat membentuk akhlak peserta didik, peserta didik menjadi terbiasa melakukan sholat dhuha berjamaah, meningkatkan tanggung jawab, disiplin, dan konsentrasi dalam belajar.


Keywords


Implementasi; Pembiasaan; Sholat Dhuha; Berjamaah

Full Text:

PDF

References


Al-Bukhari, A. A. M. bin I. (2011). Kutubus Sittah. Almahira.

Al-Mahfani, M. K. (2008). Berkah Shalat Dhuha. Wahyu Media.

Muhaemin, & Fitrianto, Y. (2022). Mengembangkan Potensi Peserta Didik Berbasis Kecerdasan Majemuk. CV. Adanu Abinata.

Mustofa, I. (2017). Shalat Dhuha Dulu, Yuk! DIVA Press.

Purnomosidi, F., Widiyono, & Musslifah, A. R. (2022). Buku Referensi Kesejahteraan Psikologis dengan Sholat Dhuha. Lembaga Chakra Brahmanda Lentera.

Rahardjo, M. (2017). Studi kasus dalam penelitian kualitatif: konsep dan prosedurnya. Sekolah Pascasarjana Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Ramadhani, A. (2021). Implementasi Shalat Dhuha dalam Pembentukan Karakter Siswa SMP N 3 Tebat Kerai Kabupaten Kepahingan. Skripsi S1 UIN Fatmawati Soekarno Bengkulu.

Wahab, A., Zulmaulida, R., Saputra, E., Sari, D. D., Maghfuroh, L., Suseni, K. A., Fauziana,

Fazilla, S., Akmal, N., Lorensius, & Sanwil, T. (2021). Pengantar Pendidikan untuk Perguruan Tinggi. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.