Budaya Pembiasaan Sholat Dzuhur sebagai Bentuk Menanamkan Sikap Disiplin Siswa di SMK Muhammadiyah 2 Bantul

Santika Fikri Ajizah, Hasrul Rahman, Meda Alfiana

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas dari budaya pembiasaan sholat Dzuhur sebagai bentuk menanamkan nilai agama dan kedisiplinan siswa di SMK Muhammadiyah 2 Bantul. Metode penelitian ini memakai kualitatif dengan metode deskriptif, teknik pengumpulan data memakaiĀ  obseravasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu di SMK Muhammadiyah 2 Bantul, nilai-nilai keagamaan ditekankan melalui kegiatan seperti sholat berjamaah, mengaji, membaca surat-surat juz 30, doa belajar, serta sholat dhuha. Para siswa diberi peluang untuk turut serta dalam kegiatan ini dengan harapan mereka memahami pentingnya sholat dan kewajiban agama. Dokumentasi proses wudhu dan sholat berjamaah juga menunjukkan upaya sekolah untuk memupuk karakter dan tali silaturahmi antarwarga sekolah. Meskipun tantangan muncul, seperti kecenderungan beberapa siswa untuk sholat sendiri, kesadaran akan pentingnya sholat berjamaah dan disiplin perlahan tumbuh. Dengan demikian, kegiatan agama di sekolah ini tampaknya berkontribusi pada pembentukan akhlak yang baik dan sikap saling menyayangi di kalangan siswa.

Keywords


Budaya Sekolah; Nilai-nilai Keagamaan

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Y.S. (2022). Kontribusi Budaya Sekolah Dalam Penanaman Nilai-Nilai Keagamaan Dan Kesiplinan Siswa Negeri 1 Nawangan Pacitan. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.

Heriyanto. (2020). Membina Karakter Siswa Melalui Salat Berjamaah Di Sekolah. https://suyanto.id/membina-karakter-siswa-melalui-salat-berjamaah-di-sekolah/, diakses 25 Agustus 2023

Muhammad, H. (2019). Pembiasaan Salat Berjamaah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik (publisher). Universitas Islam Negeri.

Nur, H. (2020). Pembiasaan Salat Berjamaah Dalam Peningkatan Akhlak Peserta Didik Di Madrasah Aliyah At-Thohiriyah Suka Jawa Kecamatan Bumiratu Nuban (Publisher). Institut Agama Islam Negeri.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.