Pengenalan Ice Breaking untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMP Muhammadiyah Sewon

Siti Nur Fatimah, Yosi Wulandari, Amrard Nurobi

Abstract


Tujuan  artikel ini mendeskripsikan ice breaking dan pelaksanaan di SMP Muhammadiyah Sewon, untuk meningkatkan motivasi dan semangat belajar siswa. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif, dengan cara memaparkan keadaan subjek atau objek dalam penelitian, seperti orang, lembaga dan lain sebagainya berdasarkan fakta yang terlihat secara langsung dan apa adanya. Hasil observasi yang diperoleh  (1) ice breaking dapat digunakan semua pelajaran baik akademik maupun non akademik. (2) Dengan ice breaking meningkatkan motivasi dan semangat belajar siswa. (3) Manfaat ice breaking untuk menghilangkan rasa bosan dan rasa ngantuk saat pembelajaran. Macam-macam ice breaking dilakukan dengan berbagai macam cara yang berbeda dalam melakukannya. Berbagai macam bentuk ice breaking, seperti teka teki sederhana, cerita humor, ledekan yang mengundang senyum, lagu-lagu yang disertai dengan menggerakan tubuh, dan juga melakukan senam otak.

Keywords


Belajar, Ice Breaking; meningkatkan; motivasi; pengenalan

Full Text:

PDF

References


Fajarudin, A. A., Samsudi, A., & Lailatul Mas’adah, N. (2021). Teknik Ice Breaking sebagai Penunjang Semangat dan Konsentrasi Siswa Kelas 1 MI Nurul Islam Jatirejo. Idarotuna : Journal of Administrative Science, 2(2), 147–176. https://doi.org/10.54471/idarotuna.v2i2.21

Harianja, M. M., & Sapri, S. (2022). Implementasi dan Manfaat Ice Breaking untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1324–1330. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2298

Hariono, T., Ashoumi, H., Mujahadah, A. S., & Adransyah, A. (2021). Pendampingan Pembelajaran dalam Pengkondisian Siswa melalui Ice Breaking. Jumat Informatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 125–129. https://doi.org/10.32764/abdimas_if.v2i3.1727

Mania, S. (2008). Observasi Sebagai Alat Evaluasi Dalam Dunia Pendidikan Dan Pengajaran. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 11(2), 220–233. https://doi.org/10.24252/lp.2008v11n2a7

Masni, H. (2015). Strategi meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Dikdaya, 5(1), 34–45.

Muharrir Syahruddin, M., Herdah, & Effendy, R. (2022). Penggunaan Ice Breaking dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII SMP Muhammadiyah Pinrang. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam, 20(2), 179–186. https://doi.org/10.35905/alishlah.v20i2.3318

Muharsih, L. (2023). Implementasi Ice Breaking Dalam Menumbuhkan Semangat Belajar Siswa Di Sdn 1 Sukamekar. Abdima Jurnal Pengabdian Mahasiswa, 2(2), 7784-7787.

Saptono, Y. J. (2016). Motivasi dan Keberhasilan Belajar Siswa. Regula Fidei: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(1), 189–212.

Setiawan Sinaga, J., Syaflita, D., Fisika, P., Riau, U., & Negeri, S. (2023). Implementasi dan Manfaat ICE-Breaking pada Proses Pembelajaran di SMP Negeri 11 Pekanbaru. Jurnal Armada Pendidikan, 1(1), 1–5.

Widiyana, F., Diansari, I., & Dhinata, Z. M. (2020). Penerapan Ice Breaking Untuk Siswa Kelas IV di SD Negeri 1 Pringkuku Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar. Journal of Social Empowerment, 5(1), 33-37.

Zakiyyah, D., Suswandari, M., & Khayati, N. (2022). Penerapan Ice Breaking Pada Proses Belajar Guna Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas Iv Sd Negeri Sugihan 03. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 2(1), 73–85. https://doi.org/10.46229/elia.v2i1.333


Refbacks

  • There are currently no refbacks.