Implementasi Sholat Dhuha Dalam Pembentukan Insanul Kamil di SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta.

Lintang Ahmad Mustika Aji, Mufida Nidaul Azzahra, Tiara Putri Amalia, Akbar Nulhakim, Dea Melinda, Ummi Zahrotul Mufida, Alif Kurniawan, Munadzir Munadzir

Abstract


Sholat Dhuha adalah salah satu ibadah yang sangat dianjurkan dalam Islam, namun seringkali diabaikan oleh sebagian umat Muslim. Ibadah ini merupakan sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan memiliki potensi besar dalam pembentukan insanul kamil, yaitu individu yang sempurna dalam aspek spiritual dan moral. Penelitian ini bertujuan untuk menggali implementasi Sholat Dhuha dalam pembentukan insanul kamil di SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi literatur dari sumber-sumber terkait seperti jurnal penelitian, internet dan sumber lainnya maupun observasi wawancara secara langsung kepada narasumber. Hasil penelitian berlandaskan teori dan juga berdasarkan pada situasi dan kondisi subjek yang diteliti saat ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sholat Dhuha memiliki dampak positif dalam pembentukan insanul kamil meskipun masih terdapat beberapa penghambat dalam penerapannya

Keywords


Sholat dhuha, Insanul kamil dan Pembentukan karakter

Full Text:

PDF PDF

References


Ika, Siti Maspuroh, and Pajar Milawati. (2021). “Efektivitas Pelaksanaan Shalat Dhuha Dalam Peningkatan Disiplin Siswa (Penelitian Di SMP Insan Kamil Legok, Kabupaten Tangerang).” Equilibrium: Jurnal Pendidikan 9 (2): 177–87. https://doi.org/10.26618/equilibrium. v9i2.4353.

Meliantina, Rana. (2022). “Pendidikan Islam Membentuk Insan Kamil.” Pendidikan Islam.

Narwanti, Sri. (2014). Pendidikan Karakter. Yogyakata: Familia.

Putra, Dhian Wahana. (2018). “Pembentukan Karakter Insan Kamil Melalui Pengembangan Softskill Di Universitas Muhammadiyah Jember.” Tarlim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 11–19.

Sholikhin, Muhammad. (2012). Panduan Sholat Lengkap Dan Praktis. Jakarta: Erlangga.

Suhaeni, Dede. (2020). “Peran Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa Kelas VIII Di SMP Insan Kamil Legok Tangerang.” JM2PI: Jurnal Mediakarya Mahasiswa Pendidikan Islam 1 (1): 156–83.

Wawancara yang di lakukan peneliti kepada salah satu guru di SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta tanggal 7 September 2023

Wiguna, Alivermana, Fatimah Setiani, Jayadi, and Agus Heriyanto. (2020). “Dhuha Prayer and Character Strength of Students” 27 (ICoSHEET 2019): 90–93.

Yusanto, Yoki. (2020). “Ragam Pendekatan Penelitian Kualitatif.” Journal of Scientific

Communication (Jsc) 1 (1): 1–13


Refbacks

  • There are currently no refbacks.