Penanaman Sikap Kemandirian Anak di TK ABA Janturan Yogyakarta

Jihan Salsabila, Riana Mashar, Dahniar Fitriani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penanaman kemandirian pada anak kelompok B1 TK ABA Janturan Yogyakarta. Manfaat yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan kepada dunia pendidikan anak usia dini mengenai cara dan upaya menanamkan kemandirian anak sejak usia dini. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan melakukan observasi dan wawancara. Penelitian ini dilaksanakan di kelompok B1 TK ABA Janturan dengan jumlah anak 15 orang. Hasil dari penelitian menunjukan ada beberapa metode yang digunakan guru untuk menanamkan sikap kemandirian anak yaitu dengan metode pembiasaan dan metode penghargaan (reward). Penanaman kemandirian anak dengan menerapkan metode pembiasaan yang diterapkan TK ABA Janturan yaitu membiasakan anak berbaris, mengerjakan tugas sendiri, mengembalikan barang ke tempatnya, melepas dan memakai sepatu sendiri, makan sendiri dan mencuci piring sendiri. Penanaman kemandirian anak melalui metode penghargaan juga diterapkan seperti pemberian pujian, dan tepuk tangan.

Keywords


Penanaman; kemandirian; pembiasaan; reward

Full Text:

PDF

References


Anas Salahudin. (2013). Pendidikan Karakter. Bandung: Pusaka Setia. Arikunto. (2006). Metode penelitian kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara

Dewi, T. A., & Widyasari, C. (2022). Keterlibatan Orang Tua dalam Mengembangkan Karakter Kemandirian Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5691-5701.

Fajarwatiningtyas, A., Akbar, S., & Ishaq, M. (2021). Metode Pembiasaan dalam Mengembangkan Karakter Kemandirian Anak. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan; Vol 6, No 4: APRIL 2021; 494—502 ; 2502471X.

Fauziah, R. R., Kusumawardani, R., & Maryani, K. (2018). Perbedaan kemandirian anak ditinjau dari subyek pengasuhan orangtua dan kakek-nenek pada anak usia 5-6 tahun. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 71

Hardi, S., & Haryadi, R. (2019). Penerapan Metode Motivasi Behavioristik dalam Pembelajaran Fisika Dasar. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 7(1), 79-84.

Hasan, A. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Hikmah, U. N. (2012). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Kemandirian Anak Usia Dini di RA Perwanida 01 Boyolali Tahun Ajaran 2011/2012

Himawati, D. (2017). Efektivitas Toilet Training Untuk Meningkatkan Kemandirian Anak (Penelitian pada Siswa BA ‘Aisyiyah Rambeanak 1 Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang) (Doctoral dissertation, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang).

Lutfiwati, S. (2020). Motivasi belajar dan prestasi akademik. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 10(1), 53-63.

Putri, H.R & Christiana, E. (2013). Studi Tentang Pelaksanaan Pemberian Reward Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Kelompok-A di TK Islam Al-Azhar 35 Surabaya. Jurnal Universitas Negeri Surabaya. 1(4) 274-284.

Salima, H. (2019). Analisis kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran tematik di Kelas 2 SDI Al-Azhar 17 Bintaro (Bachelor's thesis, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Saputri, A. T. (2016). Penanaman Nilai Kemandirian dan Kedisiplinan Bagi Anak Usia Dini Siswa TK B di Kelompok Bermain Mutiara Hati Purwokerto. Skripsi. Institut Tinggi Agama Islam Negeri.

Tanjung, R. (2020). Peran orangtua dalam pendidikan anak usia dini di masa pandemi covid-19. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 64-73.

Tresnaningsih, F., Santi, D. P. D., & Suminarsih, E. (2019). Kemandirian belajar siswa kelas III SDN Karang Jalak I dalam pembelajaran tematik. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 6(2).

Widianti, D., Purwadi, P., & Khasanah, I. (2019). Nilai-Nilai Kemandirian Anak Melalui Scaffolding Pad Usia 3-4 Tahun Di Kelompok Bermain Paud Taman Belia Candi Semarang. PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.