Upaya Guru Ismuba Dalam Mencitakan Suasana Pembelajaran Efektif

Muhammad Rifki, Anisa Nur Rahmawati, Fandi Akhmad, Eko Harianto

Abstract


Pembelajaran efektif ialah pembelajaran yang tidak memandang akan hasil belajar peserta didiknya, akan tetapi lebih mementingkan terhadap proses pembelajarannya agar peserta didik mudah memahami materinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru ISMUBA dalam menciptakan suasana pembelajaran yang efektif. Metode dari penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kualitatif dengan melakukan observasi, dokumentasi serta analisis jurnal. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru ISMUBA di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Hasil dari penelitian ini yaitu guru ISMUBA di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta ini ketika melakukan pembelajaran dikelas supaya pembelajaran dapat berjalan efektif dengan adanya keterlibatan antara peserta didik dan guru, adanya motivasi terhadap peserta didik, menggunakan berbagai macam metode pembelajaran dan selalu adanya ice breakig agar peserta didik tidak jenuh.

Keywords


Upaya Guru ISMUBA, Pembelajaran efektif

Full Text:

PDF PDF

References


Afrianto, A., Dahnilsyah, D., & Supriusman, S. (2019). Eksplorasi Pengalaman Mahasiswa Bahasa

Inggris Selama Program Ppl: Harapan, Tantangan, Dan Pelajaran. Jurnal Pendidikan, 9(1),

-30.

Febli Suryana, Y., Larasati, A. H., & Arista, A. D. (2022). Dampak Rewarding Sebagai Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Bahasa Inggris Pada Siswa Smp Muhammadiyah 4 Sambi Selama Pandemi. 82–86. https://doi.org/10.23917/blbs.v4i2.21235

Lamatokan, Al. (2018). Persepsi Siswa terhadap Gaya Mengajar Guru dan Penggunaan Strategi Pembelajaran dalam Pengajaran Bahasa Inggris. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing Dan Sastra, 2(2), 41--46.

Maili, S. N. (2018). Bahasa Inggris pada sekolah dasar: Mengapa perlu dan mengapa dipersoalkan. JUDIKA (Jurnal Pendidikan Unsika), 6(1), 23-28.

Muliana, I. N. (2020). Mengatasi kesulitan dalam berbahasa inggris. Linguistic Community Services Journal, 1(2), 56-63.

Rohmah, S. N. (2019). Eksistensi bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dalam ilmu pengetahuan di era globalisasi.

Tambunsaribu, G., & Galingging, Y. (2021). Masalah yang dihadapi pelajar bahasa Inggris dalam memahami pelajaran bahasa Inggris. DIALEKTIKA: Jurnal bahasa, sastra dan budaya, 8(1), 30-41.

Sipatu, Y. T., & Silitonga, B. (2022). Implementasi Metode Tanya Jawab Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa SD Pada Pembelajaran Daring. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 6(2), 89-96.

Utomo, A. P. Y., Safitri, A. N., & Mubarok, S. (2023). Pemanfaatan YouTube untuk Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Teks Eksplanasi di SMP. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(2), 45-59.

Winataputra, U. S., Delfi, R., Pannen, P., & Mustafa, D. (2014). Hakikat Belajar dan Pembelajaran. Hakikat Belajar dan Pembelajaran, 4(1), 1-46.

Yuyun Windarti, Y., Nurfahrudianto, A., & Samijo, M. P. (2021). PENGEMBANGAN MEDPEN BARETA PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMATIKA (Doctoral dissertation, Universitas Nusantara PGRI Kediri).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.