Kreativitas Pembelajaran Fisika di SMA Negeri 1 Bantul

Denistriana Denistriana, Oki Mustava, Suyanta Suyanta

Abstract


Pembelajaran fisika di SMA merupakan aspek penting dalam pengembangan pemahaman ilmiah dan keterampilan berpikir siswa. Namun, beberapa pendekatan pembelajaran kurang mampu membangkitkan minat dan kreativitas siswa dalam memahami konsep-konsep fisika yang kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk menggali potensi peningkatan kreativitas dalam pembelajaran fisika di SMA. Metode yang digunakan dengan mewawancarai guru berpengalaman dan siswa serta pengamatan langsung dalam kelas- kelas fisika di SMA untuk mengidentifikasi praktik terbaik dalam merangsang kreativitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan yang mendorong pemikiran kreatif melalui eksperimen fisika yang berorientasi pada masalah, pembelajaran berbasis proyek. Selain itu, peran guru sebagai fasilitator kreativitas sangat penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang merangsang. Penelitian ini memberikan pandangan tentang bagaimana mengintegrasikan kreativitas dalam pembelajaran fisika di SMA. Implikasi dari temuan ini adalah pentingnya mengadopsi pendekatan yang lebih inovatif dan berorientasi pada siswa dalam pengajaran fisika di SMA untuk memotivasi, merangsang kreativitas dan meningkatkan pemahaman siswa tentang ilmu fisika yang fundamental.

Keywords


Kreativitas; Pembelajaran Fisika; SMA; Siswa

Full Text:

PDF

References


Amabile, T. M., & Pratt, M. G. (2016). The dynamic componential model of creativity and innovation in organizations: Making progress, making meaning.

Cohen L N M and Ambrose D (1999). Adaptation and creativity: Runco MAand Pritzker, SR (Ed)Encyclopedia of creativity(Sandiego:Academic Press)

Dunkin Mand Biddle B (1974). The study of teaching(New York: Holt, Rhinehart & Winston)

Fisher D and Frey N (2008) Better learning for structured teachers: A framework for the gradual release of responsibility(Alexandria VA: ASCD)

Greiff S, Wustenberg S, Csapo B, Demetriou A, Hautamaki A, Graesser A C and Martin R (2014) Domain-general problem solving skills and education in the 21stcenturyEducational Research Review13

Jones, M.G., & Childers, G.M. (Eds.). (2015). Technology and Science Education for the Twenty-First Century: A Collection of Papers from the (2015). Conference on Technology and Science Education (COTSE)

Siswanto J, Susantini, E. and Jatmiko, B. (2018). Practicality and effectiveness of the IBMR teaching model to improve physics problem solving skillsJournal of Baltic Science Education (JBSE) 17(3)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.