Pemanfaatan Sudut Baca Sekolah Guna Meningkatkan Budaya Membaca Siswa SMA N 2 Bantul

Aisyah Setyani, Irfan Yunianto, Sudati Winarni

Abstract


udut baca di lingkungan sekolah sebagai strategi untuk meningkatkan budaya membaca yang seiring waktu siswa kurang berminat untuk membaca buku. Tujuan dari adanya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan sudut baca guna meningkatkan budaya membaca para siswa di SMA N 2 Bantul. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik observasi lingkungan sekolah dan wawancara kepada pihak sekolah terutama petugas perpustakaan. Lokasi sudut baca di sekolah SMA N 2 Bantul tersebar di beberapa tempat sekolah yang memudahkan para siswa untuk membaca. Pemanfaatan sudut baca di sekolah telah dilaksanakan dengan baik. Hal ini terlihat dari antusiasme siswa dalam membaca sehingga budaya membaca semakin meningkat  di lingkungan sekolah.

Keywords


Pemanfaatan Sudut Baca; Budaya Membaca; Literasi

Full Text:

PDF

References


Alpian, Y., Anggraeni, S. W., Unika, & M, S. N. (2019). Pentingnya pendidikan bagi manusia. Jurnal Buana Pengabdian, 66-72.

Anugrah, W. D., Saufa, F. A., & Irnadianis, H. (2022). Peran pojok baca dalam menumbuhkan minat baca masyarakat dusun Ngrancah. Jurnal Pustaka Budaya, 93-98.

Aswat, H., Nurmaya, G., & Lely, A. (2020). Analisis gerakan literasi pojok baca kelas terhadap eksistensi dayabaca anak di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 70-78.

Ginting, E. S. (2020). Penguatan literasi di era digital. Prosiding seminar nasional PBSI-III, 35-38.

Hastuti, S., & Lestari, N. A. (2018). Gerakan literasi sekolah: implementasi tahap pembiasaan dan pengembangan literasi di SD Sukorejo Kediri. BASA TAKA Universitas Balikpapan, 29-34.

Kurniawan, A., Destrinelli, D., Hayati, S., Rahmad, R., Riskayanti, J., Wasena I, S., et al. (2020). Peranan pojok baca dalam menumbuhkan minat baca siwa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 48-57.

Mantu, K. S. (2021). Pengelolaan sudut baca dalam menumbuhkan minat baca peserta didik kelas III SD Negeri 04 Popayato Barat. AKSARA Jurnal Ilmu Pengetahuan Pendidikan Nonformal, 877-884.

Maytawati, G. H. (2019). Efektivitas program sudut baca dalam memenuhi kebutuhan informasi siswa SMPN di Surabaya. Jurnal Ilmiah Doctoral dissertation, Universitas Airlangga.

Octavialis, N., & Ananda, A. (2021). Pembinaan literasi kewarganegaraan di SMP Negeri 11 Padang . Journal of Civic Education, 122-128.

Pradana, F. A. (2020). Pengaruh budaya literasi sekolah melalui pemanfaatan sudut baca terhadap minat membaca siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 81-85.

Rahmawati, N., Prasetiyo, W., Wicaksono, R., Huda, M., Muthaliin, A., & Atang. (2022). Pemanfaatan sudut baca dalam meningkatkan literasi kewarganegaraan siswa di era digital. Buletin KKN Pendidikan, 99-107.

Ramadhanti, N. N., & Julaiha, S. (2019). Pemanfataan sudut baca dalam meningkatkan minat baca siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Samarinda. Jurnal Tarbiyah & Ilmu Keguruan Borneo, 39-46.

Ramandanu, F. (2019). Gerakan literasi sekolah (GLS) melalui pemanfaatan sudut baca kelas sebagai sarana alternatif penumbuhan minat baca siswa. Mimbar Ilmu, 10-19.

Rohman, A. (2022). Literasi dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis di era disrupsi. EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia), 40-47.

Wandasari, Y. (2017). Implementasi gerakan literasi sekolah (GLS) sebagai pembentuk pendidikn berkarakter. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan, 325-343.

Wulanjani, A. N., & Anggraeni, C. W. (2019). Meningkatkan minat membaca melalui gerakan literasi membaca bagi siswa Sekolah Dasar. Proceedin of Biology Education, 26-31.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.