Potret Pelaksanaan Kampus Merdeka Mengajar Di SDN Batusari Pagaden Barat

Faizatul Falaqiyah, Agungbudiprabowo Agungbudiprabowo

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan, menjabarkan hasil pelaksanaan kampus merdeka mengajar yang bertempat di SDN Batusari yang berlangsung selama 3 bulan lamanya. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menjabarkan suatu fenomena atau kejadian yang terjadi yang hasi penelitiannya berupa kata-kata atau kalimat. Hasil penelitian ini yaitu kegiatan kampus merdeka mengajar yang terjadi di SDN Batusari meliputi membantu guru dalam mengajar siswa, meningkatkan literasi dan numerasi siswa, mengenalkan adaptasi teknologi kepada guru dan siswa, membantu administrasi sekolah, melakukan kegiatan pesantren kilat ramadhan, melakukan pjbl (project based learning), melakukan sosialiasi protokol kesehatan selama pandemi dan menerapkan serta menjaga kebersihan sekolah. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa seluruh kegiatan yang dilakukan dalam kampus mengajar memberikan dampak positif terhadap sekolah karena dapat meringankan beban guru serta siswa mendapatkan pendidikan dengan semestinya walaupun dalam keadaan pandemi (pembelajaran online).

Full Text:

PDF

References


Ichsan, M. (2016). Psikologi Pendidikan Dan Ilmu Mengajar. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 2(1), 60. https://doi.org/10.22373/je.v2i1.691

Kemendikbud, T. (2021). Panduan Program Kampus Mengajar 2021.

Sari, S. P., Manzilatusifa, U., & Handoko, S. (2019). Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, 5(2), 119–131. http://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/jp2ea/article/view/329

Siskawati, F. S., Chandra, F. E., Irawati, T. N., Studi, P., Matematika, P., Jember, U. I., Kaliwates, K., Kaliwates, K., & Timur, J. J. (n.d.). Di Masa Pandemi Cov-19. 101, 253–261.

Ushansyah. (2017). Pentingnya Administrasi Sekolah Untuk. Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan Volume 15 No.27 April 2017, 15(27), 13–22.

Wagiran. (2021). Program Kampus Mengajar Angkatan 1 Tahun 2021.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.