Kegiatan Pendampingan Belajar Siswa Dengan Metode PJBL Dalam Pembuatan Roket Air

Try Syukrianto, M Fakhrur Saifudin

Abstract


Kualitas pembelajaran yang masih rendah di SD Negeri 10 Poso menyebabkan rendahnya pula motivasi belajar siswa dan pemahaman siswa pada materi tertentu. Penulisan artikel ini bertujuan membahas tentang kegiatan pembuatan roket air dengan metode PJBL saat kegiatan kamus mengajar. Kurangnya pemanfaatan media serta metode belajar di SD Negeri 10 Poso mempegaruhi kualitas pendidikan di sekolah, sehingga diadakan kegiatan belajar dengan metode PJBL dalam pembuatan roket air. Hasil kegiatan ini siswa mendapatkan kesempatan belajar kontekstual secara kompleks seperti merencanakan aktivitas, melaksanakan proyek dengan kolaboratif, hingga menghasilkan produk. Kegiatan ini mendapatkan feedback yang positif dari siswa maupun guru, sehingga secara subjektif dapat diketahui bahwa kegiatan ini membuka pola pikir baru pada guru dan siswa dalam kegiatan belajar menagajar.


Full Text:

PDF

References


Al-Jawi, M. S. (2006). Pendidikan di Indonesia: Masalah dan Solusinya. In Makalah dalam Seminar Nasional Potret Pendidikan Indonesia: Antara Konsep Realiti dan Solusi, diselenggarakan oleh Forum Ukhwah dan Studi Islam (FUSI) Universitas Negeri Malang (Vol. 7).

Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran pada masa pandemi covid-19. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65-70.

Jauhariyyah, F. R. A., Suwono, H., & Ibrohim, I. (2017). Science, technology, engineering and mathematics project based learning (STEM-PjBL) pada pembelajaran sains. In Seminar Nasional Pendidikan IPA 2017 (Vol. 2).

Surya, A. P., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2018). Penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) untuk meningkatkan hasil belajar dan kreatifitas siswa kelas III SD Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga. Jurnal Pesona Dasar, 6(1).

Syukrianto S, Try. (2021). Program Pendampingan LIterasi, Adaptasi Tekologi, dan Administrasi di SD Negeri 10 Poso Sulawesi Tengah. Laporan Program Kampus Mengajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.